Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Pameran Foto dan Produk Women Creativepreneur Batam, Buktikan Wanita Bisa Jadi Wirausaha
Oleh : Ahmad Romadi
Selasa | 21-04-2015 | 18:02 WIB
rekaveny buka pameran.jpg Honda-Batam
Rekaveni Soerya Respationo saat membuka acara. (Foto: Ahmad Romadi/BATAMTODAY.COM)

BATAMTODAY.COM, Batam - Dalam rangka memeringati hari Kartini yang jatuh pada 21 April, Community of Women CreativePreneur (CWCP) menggelar pameran foto profil dan produk CWCP Batam di Mega Mall, Selasa (21/4/2015).

Ketua Pelaksana, Ruaza Hilma, mengatakan, kegiatan ini selain memperingati Hari Kartini, juga sebagai peluncuran perdana CWCP. "Ada 35 pengusaha perempuan yang mengikuti promo produk dan foto profil. Salah satunya adalah Rekaveni, isteri Wakil Gubernur Kepri, Soerya Respationo," kata Ruaza.

Ia mengatakan, kegiatan ini juga untuk membuktikan bahwa wanita bisa memberikan partisipasi untuk memajukan wirausaha di Batam. Menurutnya, sekecil apapun usaha yang dilakukan para Kartini saat ini merupakan langkah besar untuk mencapai kesuksesan.

Pada kegiatan tersebut, para usahawati akan memperkenalkan diri apa saja usaha yang dilakoninya masing-masing. Juga cara mempromosi produk-produk usahanya kepada masyarakat Batam.

"Ke depan kita akan membuat buku setelah pameran foto ini," jelasnya.

Acara tersebut dibuka langsung oleh Rekaveni, yang juga merupakan Sekretaris Komisi II DPRD Kota Batam.

Pada saat membuka acara  tersebut Rekaveni menceritakan, awal memulainya usaha ketika penghasilan sang suami, Soerya Respationo, habis untuk kebutuhan rumah tangga. Dalam keadaan itu, ia berpikir untuk mendapatkan penghasilan tambahan.

Usaha yang pertama dilakoninya adalah menjual baju kepada rekan-rekannya. Setelah sukses menjadi pengusaha baju, ia tertarik untuk memulai usaha di bidang kuliner dengan label "Bakmie Jawa".

"Awalnya bingung, tapi akhirnya ketemu dengan temen. Dari situ saya melakukan franchise," katanya.

Dia mengaku, awalnya sangat sulit untuk mempromosikan usahanya. Ia pun mengundang teman-temannya untuk datang ke galerinya yang berada di Sungai Panas.

"Dari situ saya bilang ke temen-temen, supaya bawa suaminya besok. Itulah salah satu promosi yang saya lakukan," jelasnya. (*)

Editor: Roelan