Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Izinkan Kunjungan ke Jerman, Dahlan Ingatkan Soal Anggaran
Oleh : Ahmad Rohmadi
Rabu | 15-04-2015 | 12:10 WIB
ahmad-dahlan1.jpg Honda-Batam
Wali Kota Batam, Ahmad Dahlan.

BATAMTODAY.COM, Batam - Wali Kota Batam, Ahmad Dahlan, tidak tahu apakah ada anggaran APBD untuk pegawai staf Dinas Pendidikan dan dua kepala SMK Negeri di Batam yang akan berkunjung ke Jerman dan Swiss bersama dengan Komisi IV DPRD Batam.

Menurutnya, semua diserahkan kepada Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Batam terkait dana yang akan digunakan untuk kunjungan staf Disdik dan Kepala SMKN 1 dan SMKN 2 tersebut.

Namun, Dahlan mengingatkan kepada Disdik bahwa dengan tegas dia melarang  jika menggunakan anggaran yang bukan seharusnya digunakan untuk kunjungan keluar negeri tersebut.

"Kalau masalah izin saya izinkan, tapi jangan coba-coba pakai dana yang tidak seharusnya," kata Dahlan, Rabu (15/4/2015).

Dahlan menjelaskan, selama tujuannya berkunjung keluar negeri itu baik dan bermanfaat, pihaknya pasti mengeluarkan izin. Namun, katanya, memang harus menggunakan anggaran yang sesuai dengan ketentuannya.

Sebelumnya, Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Kota Batam, Muslim Bidin menyatakan pihaknya tidak menganggarkan biaya keberangkatan stafnya untuk bertolak ke Jerman.

Namun ia menekankan agar stafnya tetap dapat berangkat akan ada semacam iuran yang dimintanya dari masing-masing kepala bidang (Kabid) di Disdik.

"Kita akan usahakan dananya. Yang ke sana namanya pak Tri. Dia Kasi Pendataan di program," katanya.

Ia juga mengaku akan memberikan sedikit rupiah kepada stafnya tersebut saat akan bertolak ke Jerman. Namun dirinya enggan menyebutkan nilai rupiah yang akan diberikannya.

Menurutnya ini merupakan program yang sangat baik. Terutama dalam mengadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA). Sehingga ia usahakan untuk tetap memberangkatkan stafnya ke Jerman tersebut.

"Kita ke sana difasilitasi DPRD dan (izinnya) sudah sampai ke Kementerian. Tapi belum kita laporkan secara resmi ke pak Wali Kota," jelasnya.

Editor: Dodo