Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Banyak Peserta Penerimaan Polri Banyak Tak Paham Persyaratan
Oleh : Hadli
Selasa | 14-04-2015 | 12:55 WIB
daftar polri.jpg Honda-Batam
Salah seorang ibu saat menanyakan syarat pendaftaran menjadi anggota Polri di Mapolda Kepri.

BATAMTODAY.COM, Batam - Meskipun sudah disosialisasikan, calon peserta penerimaan Brigadir dan Tantama yang dibuka Polda Kepri Tahun 2015 untuk penerimaan Akpol, Brigadir, Tamtama sejak 8 April 2015, masih banyak peserta yang tidak mengerti persyaratan. 

"Ibu kalau mau informasinya bisa mengklik www.penerimaan.polri.go.id. Di situ, lengkap semua persyaratannya. Penerimaan akhir sampai tanggal 25 April 2015 nanti," kata salah seorang petugas penerimaan pendaftaran di Mapolda Kepri, kepada ibu Sumirah, warga Batubesar mengantarkan anaknya, Selasa (14/4/2015). 

Ia menjelaskan, persyaratan Brigadir tahun 2015 diantaranya, lulusan SMA/MA/SMK dengan minimal nilai akhir 60. Bagi kelas III menggunakan rata-rata rapor semester 1 minimal 60. Umur pada saat pembukaan pendidikan, minimal 17 tahun 5 bulan (maksimal lahir Februari 1998), maksimal 21 tahun (minimal lahir Agustus 1994). 

"Tinggi badan minimal untuk pria 165 centimeter dan wanita 160 centimeter ya, bu. Salah satu dari syarat tidak memenuhi syarat bisa gugur," katanya lagi sambil mengarahkan wanita setengah baya ini untuk segera memenhi persyaratan yang belum disiapkan. 

Selain di Mapolda Kepri, pendaftaran penerimaan anggota Polri Tahun 2015 dapat juga dilakukan di Polres dan Polresta jajaran Polda Kepri, serta juga bisa melalui situs www.penerimaan.polri.go.id

Sebelumnya, Kepala Biro SDM Polda Kepri, Komisaris Besar Polisi, Susetio Cahyadi, mengatakan, meski penerimaan ini dilakukan di tahun 2015 ini, namun sosialisasi sudah dilakukan sejak Oktober 2014 lalu.

"Kita selalu mendorong Bad Dalpers serta Polres jajaran agar giat melaksanakan sosialisasi. Khususnya, sosialisasi yang menyentuh ke pulau-pulau kecil terluar atau perbatasan juga ditingkatkan," kata Susetio, Senin (12/1/2014).

Dijelaskan Susetio, sosialisasi yang telah dilakukan semenjak Okteber 2014 lalu seperti, sosialisasi ke tempat-tempat ibadah, mendatangi sekolah-sekolah SMA sederajat, serta membagikan brosur di persimpangan lampu merah serta di mall-mall yang ada.

"Seperti yang kita lakukan kemarin, Minggu (11/1/2015) di kawasan Nagoya Hill. Kita membagikan brosur, pin gantungan kunci serta ballpoin, yang berisikan alamat media sosial milik biro SDM, antaranya Facebook, Blackbery Masangger, email serta nomor ponsel untuk informasi serta tempat masyarakat melalui media sosial," pungkas Susetio.

Susetio juga menjamin pendaftaran penerimaan anggota Polri tanpa dipungut biaya alias gratis. Dalam penerimaan Polri, tambahnya Pori saat ini lebih mengedepankan masyarakat tempatan khususnya pemuda dan pemudi Hinterland. 

Editor: Dodo