Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Tewasnya Terduga Curanmor di Tahanan Polsek Sagulung Bukan Akibat Pukulan
Oleh : Romi Chandra
Senin | 13-04-2015 | 15:19 WIB
Kapolresta_Barelang,_AKBP_Asep_Safrudin.jpg Honda-Batam
Kapolresta Barelang, Kombes Pol Asep Safrudin. (Foto: dok/BATAMTODAY.COM)

BATAMTODAY.COM, Batam - Kepala Kepolisian Resor Kota Barelang, Komisaris Besar Polisi Asep Safrudin, menegaskan, meninggalnya Irwan Suhardi di tahanan Mapolsek Sagulung, sabtu (11/4/2015) kemarin bukan karena penganiayaan pihak polisi. Sebelum dibawa ke Mapolsek Sagulung, Irwan telah mengalami kecelakaan.

"Saat ini penyebabnya masih kita selidiki. Kita tegaskan kalau ia tidak mendapat pukulan, tapi kecelakaan. Yang bersangkutan juga belum menjadi tahanan, tapi baru diamankan," kata Asep, Senin (13/4/2015) siang. 

Polisi, kata Asep, masih menunggu hasil otopsi yang dilakukan Rumah Sakit BP (Otorita) Batam. "Untuk mengetahui penyebab kematiannya (Irwan), kita masih menunggu hasil otopsi. Meninggalnya memang di Mapolsek Sagulung," ujar Asep.

Asep kembali menegaskan, sebelum dibawa ke Mapolsek, Irwan mengalami kecelakaan. "Saat kecelakaan ia ditolong warga dan dibawa ke rumah sakit. Namun dia tak mau dirawat dan memaksa untuk pulang," terang Asep.

Selanjutnya warga mengantarkan Irwan ke sepeda motornya. Namun ditemukan kunci T di motor tersebut, sehingga warga curiga juga kalau pria yang mereka tolong adalah pelaku curanmor. "Karena curiga, warga mengantar korban kecelakaan itu ke Mapolsek Sagulung karena ditemukan kunci T di motor yang dibawanya," tambah Asep.

Setelah dilakukan koordinasi, lanjutnya, dilakukan krosecek terhadap sepeda motor yang dibawa Irwan dan ditemukan ada laporan kehilangan di Mapolsek Batuaji. "Sepeda motor yang dibawa Irwan ternyata hasil curian, karena ada laporan kehilangannya di Mapolsek Batuaji setelah kita lakukan kroscek, Sabtu pagi, sebelum Irwan ditemukan kecelakaan," jelasnya.

Namun, ia belum bisa memastikan apakah Irwan pelaku pencurian tersebut atau bukan, meski sepeda motor tersebut berada di tangannya.

Seperti diberitakan, satu orang tahanan Polsek Sagulung diketahui tewas pada Minggu (12/4/2015) pagi sekitar pukul 08.00 WIB. Tahanan bernama Irwan Suhardi (25) yang baru ditahan sehari itu diduga tewas karena sakit. (Baca: Seorang Tahanan Polsek Sagulung Batam Tewas). (*)

Editor: Roelan