Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Wah, Kunker Komisi II DPRD Tanjungpinang ke Bali Tidak Diketahui Sekwan
Oleh : Charles Sitompul
Sabtu | 11-04-2015 | 13:42 WIB
kunker ilustrasi.jpg Honda-Batam
Ilustrasi.

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Sebanyak 8 anggota DPRD Tanjungpinang diketahui akan berangkat ke Bali dalam sebuah kunjungan kerja (kunker) dari tanggal 8 hingga 10 April 2015. Namun keberangkatan mereka ini tidak diketahui Sekretaris Dewan, Abdul Kadir.

Saat dikonfirmasi, Akib, sapaan akrab Abdul Kadir menyebut kunjungan itu di luar kapasitasnya dan meminta wartawan untuk mengonfirmasi lagi ke Ketua Komisi II dan Ketua DPRD Tanjungpinang.

"Tentang kunjungan DPRD ke Bali itu, sesuai dengan arahan pimpinan. Silakan ditanyakan langsung pada masing-masing Ketua Komisi, karena mereka yang tahu persis, dan hal itu di luar kapasitas Sekwan," kata Abdul Kadir pada BATAMTODAY.COM, Sabtu (11/4/20150.

Dalam kunker ini, Abdul Kadir juga mengaku tidak ikut. Hanya anggota bersama Ketua Komisi II yang berangkat bersama sejumlah staf Sekwan.

Sementara itu, Humas DPRD Tanjungpinang, Yussuwadinata membenarkan berangkatnya 8 anggota Komisi II DPRD Tanjungpinang melakukan kunker ke Bali. Namun menurutnya, jika dikait-kaitkan dengan Kongres Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), dia mengatakan hal tersebut tidak benar. Pasalnya, kunker anggota Dewan ke Bali tersebut telah dijadwalkan jauh-jauh hari.

"Itu sudah dijadwalkan, hanya bertepatan saja. Namun saya yakin anggota dewan dari PDIP tidak pergi," ujar Yussuwadinata saat dihubungi,Sabtu (11/4/2015).

Yussuwadinata mengatakan, dari 9 orang anggota Komisi II DPRD Kota Tanjungpinang, hanya 8 orang saja yang ikut berangkat kunker. Dan diantara 8 orang tersebut dari Fraksi PDIP ada 2 orang, Rahma dan Syahrial. Dia mengatakan, anggota dewan itu menjalankan tugas pokok dan fungsinya tidak ada hubungan dengan Partai.

"Tujuan mereka itu untuk mempelajari kepariwisataan, di Kantor Pariwisata Denpasar dan Badung," tutur Yussuwadinata.

Anggota Komisi II DPRD Kota Tanjungpinang dari Fraksi PDIP, Syahrial juga membantah, kalau dirinya memanfaatkan kunjungan kerja ke Bali untuk menghadiri kongres partainya. 

Bahkan, dia juga membantah keras kabar miring yang mengatakan bahwa anggota Dewan yang datang ke Bali hanya numpang foto-foto agar terlihat kerja.

Malah, dia mengaku dapat membuktikan bahwa kunker tersebut memiliki hasil yang positif untuk perencanaan pariwisata Tanjungpinang kedepannya.

"Kami tidak tahu kabar miring itu dari mana, yang jelas kami benar-benar bekerja sesuai tupoksi kami. Ada hasil berupa percontohan Pengelolaan kepariwisataan, karena objek pariwisata di Denpasar dan Badung itu hampir sama dengan kita di Tanjungpinang," kata Syahrial saat dihubungi,Sabtu (11/4/2015).

Namun, hari in Kongres PDI Perjuangan akan ditutup dan Syahrial mengaku akan mengunjungi kegiatan tersebut, dengan alasan untuk melihat, karena dia juga kader partai dan sedang tidak bertugas.

"Kalau hari ini, saya rasa tidak ada salahnya menurut saya jika saya hadir, meskipun bukan peserta, karena tugas saya sudah selesai," ujar Syahrial.

Terkait hal itu, BATAMTODAY.COM mencoba menghubungi Ketua Komisi II DPRD Tanjungpinang, Mimi Betty yang turut melakukan kunker tersebut. Namun nomer Mimi Betty sedang tidak aktif.

Adapun sejumlah anggota DPRD kota Tanjungpinang yang ikut kunker ke Bali itu adalah Syahrial (PDIP),Rahma (PDIP), Reni (Hanura) Mimi Betty (Golkar), Rosiani (PPP), Maianti (Gerindra) Hasan (PPP) dan Pepy Chandra (Demokrat).

Editor: Dodo