Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Alokasi Dana Desa untuk Anambas Rp15,188 Miliar
Oleh : Nursali
Kamis | 09-04-2015 | 18:29 WIB
Kepala_Bagian_Pemerintahan_Desa_(Kabag_Pemdes)_Joneidi.JPG Honda-Batam
Junaidi, Kepala Bagian Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Sekteriat Daerah Kabupaten Kepulauan Anambas. (Foto: Nursali/BATAMTODAY.COM)

BATAMTODAY.COM, Tarempa - Kabupaten Kepulauan Anambas akan mendapatkan alokasi dana desa (ADD) sebesar Rp15,188 miliar dari total dana desa yang dialokasikan di APBN-P 2015 sebesar Rp20,766 triliun.

"Dari total Rp15,188 miliar itu, 90 persen dibagi rata, sedangkan 10 persennya dibagi dengan perhitungan tertentu yang mengacu pada luas wilayah, jumlah penduduk miskin, dan kesulitan geografis," kata Junaidi, Kepala Bagian Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Sekteriat Daerah Kabupaten Kepulauan Anambas, Kamis (9/4/2015).

Dia mengkalkulasi, dari total dana tersebut, setiap desa dari 25 desa di Anambas minimal mendapat kucuran Rp260 juta.

Disinggung soal dana ADD Anambas, pada saat ini Kabupaten Kepulauan Anambas belum melaksanakan ADD. "Kita masih mempersiapkan draf perbupnya. Kalau memungkinkan pada tahun ini kita laksanakan pada APBD-P nanti. Kita terkendala pada pengesahan APBD, perdes masih tahun 2009, karena pada kabag yang lama juga belum pernah mengajukan kepada bupati," katanya.

Dia menambahkan, untuk mendapatkan dana tersebut setiap desa harus menyiapkan rencana kerja jangka menengah desa (RKJMDes) dan rencana pembangunan jangka menengah desa (RPJMDes). Dana tersebut dapat digunakan untuk pembangunan desa dan nonfisik. (*)

Editor: Roelan