Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Digelar Besok di Dataran Engku Putri

Husen Idol Meriahkan Gelar Tari Zapin Massal di Batam
Oleh : Hadli
Kamis | 09-04-2015 | 17:54 WIB
bhayangkari kepri.jpg Honda-Batam
Ketua Bhayangkari Kepri, Rien Arman Depari (tengah) bersama dengan panitia Bhayangkari Extravaganza.

BATAMTODAY.COM, Batam - Tari Zapin yang akan dicatat Rekor Muri dalam pagelaran Bhayangkari Polda Kepri di Dataran Engku Putri, Batam Center, Jumat (10/4/2015) pukul 14.30 WIB, dengan tema 'Bhayangkari Ekstravaganza 2015' menghadirkan artis papan atas Indonesion Idol, Husen Alatas. 

"Tari Zapin oleh Bhayangkari juga memprakarsai dekorasi organisasi wanita se-Kepri untuk mendukung daerah Kepri sebagai wisata ke 3 selain Bali, seperti  dicanangkan Mentri Pariwisata," kata Ketua Bhayangkari Polda Kepri, Rien Arman Depari di sela pengecekan kesiapan di lokasi, Kamis (9/4/2015). 

Tari Zapin yang digelar, tambahnya untuk mempertahankan seni budaya Melayu yang dimiliki Kepri, mengingat letak wilayah provinsi ini berdekatan dengan negara tetangga  seperti Malaysia dan Singapura yang memiliki budaya serupa, sehingga tari Zapin tidak hanya diklim milik negera tetangga, Namun juga dimiliki Indonesia. "Tari Zapin juga akan disosialisasikan sebagai senam berzapin," terangnya. 

Rien juga mengatakan, jumlah peserta tari Zapin yang ditergetkan sebanyak 3000 terdiri dari Bhayangkari, Polwan, Polki, PNS Polri, BNNP Kepri, bertambah menjadi 3.496 peserta, dari partisipasi TNI serta Persatuan Darmawanita Kepri. 

"Pelaksanaannya nanti serentak dilakukan di tujuh titik dalam waktu yang bersamaan di seluruh Provinsi Kepri, diantaranya  Batam dua lokasi, Dataran Engku Putri dan Belakangpadang serta diadakan di lima wilayah Polres jajaran Polda Kepri. Namun tetap di Dataran Engku Putri sebagai pusat pegelaran ini," jelasnya. 

Rangkaian Rentak Zapin yang baru pertama kali diadakan di Provinsi Kepri dengan ribuan peserta juga dilaksanakan rangkaian kegiatan lainnya, seperti top show penyuluhan anti Narkoba dengan testimoni penggunaa narkoba langsung, yakni Doyok dan Gogon. 

"Sehingga dalam top show testimoni menghadirkan langsung pengguna narkoba dapat bermanfaat, selain tertimoni pengguna narkoba yang akan disampaikan Doyok dan Gogon juga nanti akan diberikan pemahaman tetang bahaya dan ancaman pidana," tuturnya. 

Acara 'Bhayangkari Ekstravaganza 2015' dalam rangka hari ulang tahun Bhayangkari ke-69 sekaligus memperingati Hari Kartini. 

Editor: Dodo