Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Catatan Komputer Tercepat di Dunia, Jepang Ungguli China
Oleh : magid
Senin | 04-07-2011 | 09:23 WIB
Kei-fujitsu-supercomputer-300x218.jpg Honda-Batam

Kei, Superkomputer buatan Fujitsu, Jepang. Photo by Jiji Press

Tokyo, batamtoday - Jika berbicara mengenai catatan superkomputer yang memiliki kemampuan tercepat di Dunia, selama ini para ahli tehnologi selalu memuji China dengan Superkomputernya bernama Tianhe-1A. Namun, dalam sepekan terakhir, sejumlah media Internasional menyebut, rekor Tianhe-1A sebagai komputer tercepat di Dunia telah dilampaui Kei Superkomputer buatan Fujitsu, Jepang.

K adalah singkatan untuk kata Kei dalam bahasa Jepang yang berarti 10 kuadriliun, merupakan superkomputer yang dibangun perusahaan ternama, Fujitsu. Superkomputer itu sendiri ditempatkan di Riken Advenced Institute for Computational Science, Kobe, Jepang.

Dihimpun batamtoday dari Jiji Press, Senin, 04 Juli 2011, superkomputer K disebut-sebut mampu membuat perhitungan 8,2 kuadriliun per detik atau dalam istilah teknis lebih dari 8,2 petaflops.

"Kinerja K setara dengan menghubungkan sekitar satu juta komputer desktop," ujar Profesor Jack Dongara, ahli tehnik elektro dan ilmu komputer dari Universitas Tennesse.

Proses pembangunan K sendiri menghabiskan biaya yang cukup besar. Apalagi K merupakan gabungan ribuan komputer kecil yang dikumpulkan di pusat data, yangterdiri dari 672 lemari penuh dengan papan sistem. Kebutuhan energi untuk pengoperasian K setara dengan 10.000 rumah atau sekitar US$10 juta per tahun.

Dari catatan 500 komputer terbaik di Dunia, terhnologi Kei berhasil mengalahkan superkomputer buatan China Tianhe-1A yang ada di National Supercomputing Center daerah Tianjin.