Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Komunitas Bidadari dan PKK Perangi Kanker Servix dan Payudara
Oleh : Redaksi
Kamis | 16-12-2010 | 23:09 WIB

Surabaya, batamtoday - Kanker Serviks dan kanker payudara merupakan penyebab paling tinggi sebagai pembunuh perempuan. Angkanya tetap tinggi karena pemahaman kaum hawa tentang penyakit ini dirasa sangat kurang, padahal pemahaman tentang gejala penyakit ini dapat menjadi pencegah, sehingga kematian tidak perlu terjadi.

Melihat kenyatan itulah maka pada Rabu (15/12) komunitas Bidadari dan kaum ibu PKK kota Surabaya mengadakan sebuah program “Pembekalan Pencegahan dan Penanggulangan Kanker Serviks dan Kanker Payudara”. Dengan demikian, pemahaamn kaum hawa dan kaum ibu dapat bertambah dan dapat lebih dini mengetahui serangan kedua jenis penyakit ini  yaitu, Kanker serviks (kanker mulut rahim) dan kanker payudara.

Bertempat di gedung pusat TP PKK Kota Surabaya di Jl. Tambaksari, 46 ibu-ibu PKK dari 31 kecamatan se-Surabaya mendapatkan pembekalan untuk program Road Seminar yang akan dilakukan para ibu PKK di tahun 2011 nanti.
Pada kegiatan pembekalan itu para peserta mendapat materi langsung dari 6 orang ahli di bidangnya, yaitu Dr. Ugroseno, SpPD-KHON, Dr. Lulus Handayani, SpRad, Dr. Brahmana Askandar, SpOG (K-Onk), Dr. Hantoro SpB, Dr. Ananto Sidohutomo, MARS dan Dr. Etty Ananto, SpPA.

Antusias para ibu PKK pada kegiatan kali ini terlihat sangat positif. Mereka memang telah mengetahui tentang kedua jenis kanker ini, namun ternyata informasi lanjutan tentang penanganan dan tempat rujukan belum banyak diketahui oleh mereka. Padahal kanker servix dan kanker payudara merupakan pembunuh nomor 1 dan 2 terhadap kaum perempuan di Indonesia.

Bidadari yang merupakan  suatu gerakan yang mengajak masyarakat untuk memahami pentingnya menanggulangi kanker serviks dan kanker payudara mengharapkan para ibu dapat memahami dan mengerti bagaimana cara menanggulangi dan mencegah 2 jenis kanker yang saat ini menjadi pembunuh nomor 1 dan 2 untuk wanita di Indonesia.