Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Tak Ada Tong Sampah, Warga Baloi Kolam Buang Sampah Sembarangan
Oleh : Gokli/Dodo
Sabtu | 02-07-2011 | 15:37 WIB
sampaaaaaaaaah.gif Honda-Batam

Tumpukan sampah yang dibuang warga Baloi Kolam tepat di bawah Sekolah Mondial, Baloi. (Foto: Gokli)

Batam, batamtoday - Buanglah sampah pada tempatnya, ungkapan bijak ini sepertinya sudah tidak tepat lagi dikatakan pada warga Baloi Kolam karena warga sekitar membuang sampah di pinggir jalan tepatnya di bawah Sekolah Mondial, Jalan Yos Sudarso.

Tumpukan sampah yang dibuang warga ini sangat merusak pemandangan karena terletak di areal yang berada di jalan protokol dan menimbulkan bau tidak sedap. Tanpa rasa bersalah, warga dengan seenaknya membuang sampah ditempat itu.

Wido (37), warga Baloi Kolam membenarkan jika yang membuang sampah ke pinggiran jalan adalah warga RT 2 Baloi Kolam. Alasan sampah dibuang di tempat tersebut karena tidak adanya tong sampah yang disediakan Dinas Kebersihan dan Pertmanan Kota Batam untuk masyarakat setempat.

"Warga terpaksa buang sampahnya ke sini, soalnya tidak ada lagi tempat yang pas untuk pembuangan sampah," kata Wido.

Pantauan batamtoday di lokasi tersebut mendapati masyarakat Baloi Kolam seolah sudah terbiasa membuang sampah di tempat itu. Kebiasaan ini muncul mungkin karena tidak pernah mendapat teguran dari pihak terkait, atau memang warga sekitar yang tidak mau tahu dengan kebersihan lingkungan.

Wido juga mengharapkan mudah-mudahan hal ini dapat diatasi oleh Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Batam dengan cepat, karena selain menggangu pemandangan, terkadang tercium bau yang tidak sedap dari tumpukan sampah itu.