Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Anak dengan Diabetes Tipe 1 Berisiko Alami Komplikasi
Oleh : Redaksi
Rabu | 11-03-2015 | 08:05 WIB
ilustrasi_diabetes-tipe-1.jpg Honda-Batam
Foto ilustrasi/net

BATAMTODAY.COM - SEJUMLAH besar anak yang mengidap diabetes tipe 1 memiliki tanda-tanda adanya komplikasi kesehatan jangka panjang, termasuk kebutaan, kata sebuah laporan. Badan-badan amal mengatakan hal ini menimbulkan "kekhawatiran besar" akan masa depan kesehatan mereka - sejumlah pasien menunjukkan adanya tanda-tanda awal penyakit mata, jantung dan ginjal.

Data dari Inggris dan Wales menunjukkan adanya lebih dari 1.000 kasus baru yang tercatat untuk mereka yang berusia di bawah 25 tahun. Namun secara keseluruhan, pengontrolan gula darah dalam kelompok ini telah meningkat, menurut studi tersebut.

Diabetes tipe 1 sering kali muncul pada masa kanak-kanak. Penyakit ini disebabkan karena sistem kekebalan tubuh yang menghancurkan sel-sel dalam pankreas yang menyebabkan pasien tidak dapat mengontrol gula darah mereka.

Penyakit ini berbeda dengan diabetes tipe 2 yang lebih umum, yang sebagian besar disebabkan oleh gaya hidup yang tidak sehat. Tingkat gula darah yang terus menerus tinggi dapat menyebabkan masalah serius, termasuk penyakit jantung dan gangguan ginjal.

Barbara Young, ketua esksekutif Diabetes UK, mengatakan ada bukti-bukti bahwa anak-anak mengalami masalah dengan penglihatan atau ginjal mereka sebelum mereka mencapai usia 18 tahun.

Kata Young, "Ini tragis dan kami sangat khawatir akan masa depan mereka jika mereka sudah menunjukkan adanya tanda-tanda komplikasi pada usia semuda itu." (*)

Sumber: BBC