Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Dinkes akan Cek HIV dan AIDS 750 Pelajar se-Batam
Oleh : Irwan Hirzal
Jum'at | 27-02-2015 | 14:32 WIB
sri_rupiati_dinkes_-_wide.jpg Honda-Batam
Sri Rupiati, Kepala Bidang (Kabid) Penananggulangan Pencegahan dan Penyehatan Lingkungan (P2PL) Dinkes Batam. (Foto: dok/BATAMTODAY.COM)

BATAMTODAY.COM, Batam - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Batam dalam waktu dekat akan melakukan pengecekan HIV/AIDS kepada ratusan pelajar dan beberapa warga lainya. Dinkes menargetkan bisa melakukan pengecekan terhadap 750 pelajar se-Batam.

"Pengecekan siswa itu targetnya 750 orang. Kita akan lakukan pemeriksaan kepada pelajar dan beberapa warga pekerja berisiko di Batam," ujar Sri Rupiati, Kepala Bidang (Kabid) Penananggulangan Pencegahan dan Penyehatan Lingkungan (P2PL), kepada BATAMTODAY.COM, Jumat (27/2/2015).

Selain pelajar, warga pekerja yang akan dicek adalah kru kapal di pelabuhan, pekerja seks komersial dan warga binaan di Lapas Tembesi, Sagulung.

Menurutnya, antisipasi dan pencegahan secara dini dilakukan kepada para pelajar guna mengurangi peningkatan penderita HIV/AIDS di usia pelajar. Sedangkan untuk pekerja seks, kru kapal dan warga binaan masing-masing 400 orang.

"Kita juga akan ambil sampel darahnya. Tapi hanya pekerja seks dan ABK saja karena pekerja seks itu sangat rawan," terangnya.

Sri menuturkan, upaya itu dilakukan mengingat Batam termasuk memiliki angka pengidap penyakit HIV dan AIDS yang cukup tinggi. Kementrian Kesehatan pun terus menggenjot program pencegahan terhadap penyakit tersebut.

"Program ini juga dipantau terus oleh kementrian. Jadi, kami harus berkerja ekstra keras," katanya. (*)

Editor: Roelan