Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Hari Pertama, PPDB SDN 002 Batam Kota Terima 80 Siswa
Oleh : Hendra Zaimi/Dodo
Senin | 27-06-2011 | 17:52 WIB
PMB1.jpg Honda-Batam

Ramai - Suasana penerimaan peserta didik baru (PPDB) di SDN 002 Batam Kota (Foto: Deniz Jingleman)

Batam, batamtoday - Hari pertama Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di Sekolah Dasar Negeri (SDN) 022 Batam Kota langsung diserbu para orang tua yang hendak mendaftarkan anak mereka di sekolah tersebut. Para orang tua sudah mulai datang sejak pukul 06.00 WIB, padahal pendaftaran baru dibuka pukul 07.00 WIB.

Pantauan batamtoday di lokasi, para orang tua siswa tampak sibuk mengantri di loket pendaftaran yang hanya menyedikan dua tempat antrian ini. Bagi calon siswa yang sudah mendaftar langsung di tes oleh pihak panitia, adapun tes yang diberikan adalah tes membaca dan berhitung kepada para calon siswa.

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDP) tahun pelajaran 2011/2011 di SDN 002 Batam akan dilakukan serentak dengan sekolah lain, penyelenggaraannya akan dilaksanakan mulai tanggal 27 s/d 30 Juni 2011 dan menggunakan sistem online.

"PPDP tahun ini kita menggunakan sistem online, bagi orang tua yang sudah mendaftarkan anaknya bisa melihat hasilnya melalui internet dan tidak perlu lagi datang ke sekolah," kata Khairuzaman, Kepala Sekolah SDN 002 kepada batamtoday di ruang kerjanya, Senin, 27 Juni 2011.

Khairuzaman menambahkan, bagi orang tua yang mendaftarkan anaknya tinggal mengklik di situs www.ppdp.kemendiknas.go.id untuk melihat hasil pengumuman. untuk penerimaan hari pertama ini jumlah pendaftaran yang disediakan hanya sebanyak 80 formulir saja. Adapun usia siswa yang diterima pada hari pertama ini adalah usia 7 s/d 12 tahun.

"Usia 7 hingga 12 tahun langsung kita terima dan pendaftaran tidak dipungut biaya sepeserpun alias gratis," jelasnya.

Dalam pelaksaan PPDB ini, lanjut Khairuzaman masih banyak orang tua siswa yang tidak melengkapi berkas syarat utama pendaftara seperti Akte kelahiran dan kartu Keluarga (KK). Pihak sekolah menyarankan untuk segera mengurus kelengkapan itu selagi masih ada tersisa waktu pendaftaran.

"Bagi orang tua yang belum bisa melengkapi berkas kita sarankan untuk melengkapi, khusus akte yang masih dalam pengurusan bisa melampirkan surat keterangan pengurusan dari Dinas Kependudukan (Disduk) dan itu berlaku," tambahnya.

Daya tampung SDN 002 Batam Kota tahun ajaran 2011/2012 ada sebanyak 96 siswa dan dibagi dalam tiga kelas. Adapun syarat wajib yang perlu dibawa orang tua buat mendaftar adalah akte kelahiran dan Kartu Keluarga (KK).