Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Data Penerima Tunggu Verifikasi BPMD, Bulog Lingga Stok Raskin 500 Ton
Oleh : Nurjali
Jum'at | 13-02-2015 | 15:28 WIB
ilustrasi stok beras bulog.jpg Honda-Batam
Foto ilustrasi/net.

BATAMTODAY.COM, Dabosingkep - Kantor Perwakilan Gudang Bulog Dabosingkep menyiapkan 500 ton beras untuk stok pada tahun ini. Stok tersebut rencananya juga akan digunakan untuk pembagian beras miskin (raskin) bagi rumah tangga miskin di Kabupaten Lingga.

Pejabat Sementara Kepala Gudang Dabosingkep, Rudi Siswanto, mengatakan, pada tahun lalu beras miskin yang telah didistribusikan sebanyak 416 ton kepada 2.316 rumah tangga miskin di Lingga. Sementara itu untuk tahun ini belum ada data yang masuk dari Kantor Unit Tanjungpinang yang diserahkan melalui BPMD (Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa) Kabupaten Lingga.

"Kami di sini hanya menampung beras tersebut, dan datanya dari kantor unit yang diserahkan BPMD ke kantor unit di Tanjungpinang. Jika sudah ada surat perintah alokasi (SPA) kami hanya mendistribusikan ke desa dan kecamatan sesuai data yang ada di BPMD," kata Rudi saat ditemui di kantornya di Komplek Pergudangan bekas kantor PT Timah, Jumat (13/2/2015).

Sementara itu salah satu staf di BPMD Kabupaten Lingga, Asrul, mengatakan, saat ini pihaknya sedang melakukan verifikasi tentang data rumah tangga miskin sesuai format yang telah disiapkan Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K). Menurutnya, proses pendataan lambat karena terkendala kondisi wilayah Lingga yang terdiri dari pulau-pulau.

"Kemarin kita serahkan data yang lama. Tapi karena khawatir data tersebut tidak akurat, maka kami lakukan verifikasi ulang sesuai dengan hasil sosialisasi yang kami lakukan selama ini di sembilan kecamatan," kata Asrul.

Saat ini data yang telah masuk ke kantor BPMD Kabupaten Lingga sebanyak 4.824 rumah tangga miskin dari 81 desa dan kelurahan. Data tersebut harus diverifikasi ulang oleh BPMD untuk memastikan agar benar-benar akurat sehingga tidak ada lagi permasalahan seperti tahun yang lalu.

"Target kami, akhir bulan Februari ini verifikasi tersebut sudah selesai dan akan segara mungkin kami kirim ke kantor unit Bulog di Tanjungapinang," katanya. (*)

Editor: Roelan