Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Gedung Baru di Sydney Berbentuk Seperti Kantung Kertas
Oleh : Redaksi
Selasa | 03-02-2015 | 10:50 WIB
gehry_1.jpg Honda-Batam
Gedung UTS di Sydney yang berbentuk unik. (Foto: ABC Radio Australia)

BATAMTODAY.COM - Sebuah gedung baru di Sydney, Kampus Bisnis University of Technology Sydney (UTS) yang dibuat oleh arsitek ternama dunia Frank Gehry berbentuk seperti kantong kertas yang diremas-remas.

Gedung itu dibuka secara resmi hari Senin (2/2/2015), dan melihat kreasinya untuk pertama kalinya Gehry mengatakan bahwa ide yang didapatnya berasal dari lipatan di kulit manusia ataupun di lipatan baju.

"Lipatan itu memang bagian dari kehidupan manusia. Tubuh kita akan meringkuk ketika dipeluk oleh ibu. Ide itu membuat kami kemudian melakukan eskperimen dengan gedung." kata Gehry menjelaskan berbagai garis dan lipatan yang muncul dalam gedung UTS tersebut.

Banyak pihak yang mengatakan bahwa gedung ini berbentuk seperti kotak kertas yang diremas-remas dan Gehry mengatakan bahwa itu ada benarnya.

"Mungkin memang seperti kotak kertas, namun di dalamnya banyak ruangan yang luwes, untuk perubahan dan gerakan." tambahnya.

Gehry mengatakan bahwa banyak ruangan belajar di dalam gedung UTS ini bisa berubah bentuk dan kegunaan.

Beberapa ruang kelas utama berbentuk oval, sehingga seluruh mahasiswa bisa saling melihat satu sama lain.

Gedung ini menelan biaya pembangunan 180 juta dolar. Sebelum mendesain gedung UTS tersebut, Gehry sudah terlibat dalam mendesain gedung terkenal lainnya seperti Museum Guggenheim di Bilbao (Spanyol) dan Gedung Konser Walt Disney di Los Angeles (AS).

Gedung untuk kuliah bisnis ini dinamakan Dr Chau Chak Wing, nama seorang pengusaha China yang menyumbangkan 20 juta dolar bagi proyek pembangunannya. 

Sumber: Radio Australia