Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Tips Untuk Konsumen Bijak

Ketahui Arti Label pada Produk Makanan
Oleh : sumantri
Sabtu | 25-06-2011 | 09:22 WIB
Label_Pada_Produk_Makanan_(1st).jpg Honda-Batam

Label Pada Produk Makanan (1st)

Batam, batamtoday - Setiap kali berbelanja makanan, apakah Anda mengetahui arti dari berbagai label yang tertera pada produk makanan yang hendak dibeli? Jika belum paham, berikut penjelasannya:

No Added Sugar
Tidak ada gula yang ditambahkan selama proses pengolahannya. Itu artinya makanan atau bahan makanan yang ditawarkan oleh produsen telah melalui beberapa tahapan dan pertimbangan untuk konsumennya dengan tidak menambahkan kadar gula dalam pengolahannya.

Fat Free
Mengandung tidak lebih dari 0,5 gram lemak per porsinya. Artinya makanan atau bahan makanan yang dijual telah dinyatakan bebas lemak dengan mekanisme pengukuran yang telah ditentukan oleh badan kesehatan.

Low Fat
Mengandung kurang dari 3 gram lemak per porsinya. Artinya makanan atau bahan makanan telah melalui proses pengolahan sesuai dengan standar kesehatan dalam penyertaan kandungan lemak, terutama lemak tak jenuh.

Reduced fat
Mengandung 25 persen atau lebih lemak per porsi dari versi regular. Artinya makanan ini memang dikhususkan bagi mereka yang tidak memiliki masalah dengan lemak.

Calorie free
Mengandung tidak lebih dari 5 kalori per porsinya. Artinya makanan atau bahan makanan jenis ini, sedikit mengandung kalori dan biasanya untuk mereka yang sedang menjalani program diet.

Low calorie
Mengandung tidak lebih dari 40 kalori per porsinya. Artinya makanan atau bahan makanan tersebut rendah kalori.

Light or Lite
Mengandung kalori sekitar 30 persen lebih sedikit daripada versi biasa dan 50 persen lebih sedikit lemak.

High Fiber
Mengandung 5 gram atau lebih serat dan 3 gram atau kurang lemak per porsinya. Makanan yang mengandung banyak serat.

Good Source of Fiber
Mengandung 2,5 sampai 4,9 gram serat per porsinya. Makanan dengan serat yang telah terukur.

Cold Pasteurized
Sebenarnya berarti 'radiasi'. Makanan telah terkena radiasi pengion untuk membunuh bakteri, virus, atau serangga. Artinya makanan ini tidak untuk dikonsumsi oleh manusia.