Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Pacaran Lewat Facebook, Gadis Asal Medan Tertipu Rp20 Juta
Oleh : Gabriel P. Sara
Jum'at | 23-01-2015 | 12:26 WIB

BATAMTODAY.COM, Batam - Kasus penipuan lewat media maya atau melalui jejaring sosial Facebook kembali terjadi di Batam, dan kali ini korbannya adalah seorang gadis asal Medan, Sumatera Utara bernama Listaria (34).

Perempuan yang tinggal di perumahan MKGR Batuaji itu pun harus kehilangan uang sebanyak Rp20 juta, setelah ada akun seseorang yang yang mencatut nama anggota Polisi dan mengajak untuk menjalin hubungan pribadi dengannya.

Informasi yang didapat dari kepolisian, kejadian yang menimpa dirinya berawal dari sebuah akun Facebook yang menjalin pertemanan dengan korban.

Seiring waktu, akun yang memiliki nama, foto, dan identitas mirip salah seorang anggota Polisi itu, korban pun langsung menjalin hubungan pribadi dengan pelaku.

Manisnya tipuan rayu sang pujaan hati berbuntut penyesalan korban ketika mengetahui yang ia dapatkan melainkan kerugian uang akibat ditipu. Bahkan, selama ini dirinya selalu percaya bahwa orang yang dia ajak berkomunikasi lewat Facebook itu merupakan anggota polisi yang asli dan ingin serius dengannya, hal itu didukung oleh foto-foto pelaku asli yang dicatut sang penipu.

Perempuan ini terjerat rayuan penipu yang mencatut nama anggota Polisi, yang mengiming-imingi jadi teman dekat dengan korban dan tak lama kemudian, pelaku meminta dikirimkan uang Rp 10 juta hingga sampai Rp20 juta, dengan dalih biaya masuk rumah sakit karena tabrakan.

"Memang saya sudah berteman sama pelaku. Bahkan, saya dengan pelaku sudah ibarat pacaran. Namun, karena tiba-tiba sakit dan tak ada uang berobat, sayapun luluh dan mengirimkan uang secara bertahap, ke tiga rekening BCA, BNI dan BRI pada tanggal 18 yang lalu," singkatnya dengan nada menyesal, Jumat (23/1/2015)

Merasa dibohongi, perempuan yang menjadi korban penipuan itupun langsung membuat laporan ke Mapolsek Sagulung. 

Editor: Dodo