Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Komisi III DPR Tolak Rapat Kerja dengan Bradodin Haiti Wakili Kapolri
Oleh : Surya
Kamis | 22-01-2015 | 21:00 WIB
Azis_Syamsuddin.jpg Honda-Batam
Ketua Komisi III DPR Azis Syamsuddin

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Ketua Komisi III DPR RI Aziz Syamsuddin menegaskan, pihaknya akan menunda jadwal rapat kerja dengan Kapolri sampai ada Kapolri definitif, yakni dilantiknya Komjen Pol Budi Gunawan  sebagai Kapolri.

Komisi III menolak kehadiran Plt Kapolri Kemjen Pol Badrodin Haiti yang mewakili Kapolri, karena yang bersangkutan bukan Kapolri yang bisa mengambil keputusan strategis dan memiliki kewenangan terbatas.

"Komisi III DPR sepakat rapat kerja dengan Kapolri ditunda jadwalnya sampai Kapolri definitif. Penundaan tidak lebih dari dua minggu. Itulah yang digarisbawahi," kata Azis di Jakarta, Kamis (22/1/2015).

Azis mengatakan, Pimpinan Komisi II telah melayangkan surat melalui Pimpinan DPR meminta kepastian pelantikan Komjen Pol Budi Gunawan sebagai Kapolri.  

"Surat DPR RI itu akan kami kirimkan ke Presiden pada Jumat (23/1/2015)  besok untuk menunggu kepastian Kapolri itu dari Presiden Jokowi. Sebab, rencananya minggu depan Komisi III DPR RI akan rapat kerja dengan Kejagung RI, PPATK dan Kapolri," katanya.

Jika dalam dua minggu itu,  belum ada keputusan dari Presiden Jokowi, maka Komisi III DPR RI akan menggunakan mekanisme, aturan konstitusi yang ada di DPR RI. 

"Apakah memanggil Presiden Jokowi untuk dimintai keterangan atau interpelasi dan lain-lain. Tentu mekanisme DPR akan kami gunakan jika tidak ada kepastian Kapolri itu," katanya. 

Terkait hal ini, lanjutnya, Komisi III akan melakukan rapat konsultasi dan koordinasi dengan pimpinan DPR RI yang lain. “Rapat paripurna pun tidak akan dilakukan sampai ada Kapolri definitif,” katanya. 

Editor: Surya