Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Tiga Napi Lapas Barelang Diamankan Bersama 2,5 Paket Shabu
Oleh : Romi Chandra
Selasa | 20-01-2015 | 14:17 WIB
Lapas Barelang.jpg Honda-Batam
Lapas Barelang.

BATAMTODAY.COM, Batam - Petugas Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) kelas II A Batam berhasil mengamankan 2,5 paket narkoba jenis shabu dari tangan seorang narapidana (napi) berinisial TH alias Chichi, di dalam kamar tahanan bernomor C16, Senin (19/1/2015) sore.

Informasi yang didapat dari sumber di lapangan, selain Chichi juga diamankan dua orang napi lainnya, FH dan Ce yang diduga adalah pembeli barang tersebut. Barang itu ditemukan petugas saat melakukan razia yang dilakukan di dalam Lapas.

Berdasarkan pengakuan Chichi, barang tersebut ia dapatkan dari salah satu bandar narkoba yang tinggal di Kampung Aceh berinisial Md.

"Saat razia dilakukan, ditemukan barang tersebut di kamar C16. Begitu diperiksa diketahui adalah milik seorang napi yang sudah diamankan, Chichi. Dari pengakuanya, diamankan lagi dua orang napi yang diduga sebagai pembeli, FH dan Ce. Barang dari Kampung Aceh, milik Md," kata sumber, Selasa (20/1/2015).

Dijelaskan sumber, Chichi yang ditahan dalam sel lainnya, saat ditangkap tengah mengantar barang tersebut ke kamarnya FH dan Ce di C16. Barang tersebut disembunyikan dalam makanan untuk mengelabuhi petugas.

Sialnya, begitu Chichi berada dalam kamar C 16, petugas yang melakukan razia tiba di lokasi dan memeriksa kamar beserta makanan yang dibawa Chichi. Alhasil, shabu sebanyak 2,5 paket berhasil diamankan.

Informasi terakhir yang didapat, ketiga napi saat ini dibawa ke ruang isolasi (ruang hukuman).

Lolosnya barang tersebut masuk ke Lapas, diduga karena kurang ketatnya pengawasan yang dilakukan petugas.

Sementara, Kepala Lapas Barelang, Farhan Hidayat, ketika dikonfirmasi pewarta melalui via telepon, mengakui bahwa petugasnya telah mengamankan shabu beserta beberapa napi yang diduga sebagai pemilik dan pembeli.

"Kita masih kembangkan. Narkoba itu kita amankan saat razia kemarin sore," katanya singkat.

Editor: Dodo