Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Masih Banyak Kendaraan Oknum Pejabat yang Tak Tertib Parkir di Hang Nadim
Oleh : Hadli
Senin | 05-01-2015 | 14:25 WIB

BATAMTODAY.COM, Batam - Petugas parkir Bandara Hang Nadim Batam mengaku kewalahan mengatur kendaraan sejumlah oknum pejabat daerah termasuk anggota legislatif yang menolak parkir dengan tertib di bandara tersebut.

"Masyarakat biasa sudah bisa tertib. Yang sering tidak tertib adalah oknum-oknum pejabat atau yang mengaku keluarga pejabat," kata Slamet Sriyono, petugas Ditpam BP Batam yang ditugaskan untuk mengatur lalu lintas di Bandara Hang Nadim Batam, Senin (5/1/2015). 

Penertiban larangan parkir kembali dilakukan pengelola bandar sejak pertengahan Desember 2014 lalu melalui rekayasa lalulintas dengan tujuan agar tidak terjadi kemacetan di depan pintu keberangkatan dan kedatangan.

BP Batam sebagai pengelola parkir telah memberikan lokasi parkir untuk kendaraan yang luas. Dengan harapan kendaraan penjemput penumpang dapat diparkir di lahan yang telah disiapkan.

"Sopir pejabat maunya parkir di teras, mereka tidak mau parkir bawah, lahan parkir yang disiapkan. Mintanya parkir khusus dengan alasan jemput penjabat. Seharusnya pejabat tadi yang mau menjemput lebih sadarlah kan untuk kenyamanan bersama," kata Slamet kembali. 

Sementara itu, Plt Kepala Bandara Hang Nadim Batam Suwarso mengatakan, diberlakukannya larangan parkir di depan terminal bandara karena selama ini banyak keluhan masyarakat atas kesemrawutan kendaraan.

"Semua mobil dan motor harus parkir di bawah, di area yang sudah ditetapkan sebagai lahan parkir. Pada pintu kedatangan hanya boleh ada tiga taksi bandara, sementara lainnya menunggu panggilan untuk naik ke depan bandara," jelasnya. 

Pembelakukan larangan parkir dengan cara pengempesan ban yang dilakukan pertengahan tahun 2014 tidak berjalan efektif. Sehingga diberlakukan aturan penertiban ini dengan harapan masyarakat termasuk oknum aparat dan pejabat turut serta tertib dan memberikan contoh baik kepada masyarakat. 

"Setiap hari 15 anggota Ditpam BP Batam yang membantu petugas parkir agar semua pengendara tertib. Walaupun ada hambatan penertiban harus tetap dijalankan untuk kenyamanan bersama," tutup dia. 

Editor: Dodo