Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Puji-pujian kepada Nabi Masih Menggema di Lingga
Oleh : Nurjali
Sabtu | 03-01-2015 | 15:06 WIB
IMG_20141217_082557.jpg Honda-Batam
Makan siang bersama setelah pembacaan barzanji. (Foto: Nurjali/BATAMTODAY.COM)

BATAMTODAY.COM, Dabosingkep - Puji-pujian kepada Nabi Muhammad SAW masih menggema di Lingga. Jamaah Masjid Besar Azzulfa, Dabosingkep, Kabupaten Lingga, menggelar pembacaan berzanji dalam rangka memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW tahun 2015 atau 1436H. Pembacaan barzanji itu dimulai sejak Sabtu (3/12/2014) pagi jelang shalat Zuhur.

Barzanji merupakan doa-doa, puji-pujian dan penceritaan riwayat Nabi Muhammad SAW yang dilafalkan dengan irama atau irama yang dilantunkan. Pembacaan barzanji selain semakin mencintai Rasulullah, juga mendekatkan diri kepada Allah SWT.

"Siapa saja boleh ikut membacakan berzanji ini. Isinya tentang riwayat Nabi Muhammad SAW agar kita lebih mendekatkan diri kepada Allah melalui perantara nabi akhir zaman," kata Keizzy Dalfi, salah satu jamaah Masjid Azzulfa.

Dia menjelaskan, berzanji sendiri merupakan salah satu dari karya ulama syekh Ja'far Al Barzanji bin Hasan bin Abdul Karim yang berasal dari Kota Barzinj, Kurdistan. Karya syair ini sebenarnya diberi nama Al Jawhir yang artinya Kalung Permata, namun seiring berjalannya zaman karya ini lebih dikenal nama pengarangnya, barzanji.

"Ada beberapa pendapat ulama tentang peringatan maulid nabi ini namun kita di sini melaksanakan sebagai cara atau wadah untuk mendekatkan diri kita kepada Allah SWT dengan mengikuti dan mempelajari teladan Nabi Muhammad. Tidak ada maksud lain," terang Keizzy.

Setelah pembacaan barzanji di Masjid Azzulfa, jemaaah selanjutnya mengikuti ceramah agama tentang Maulid Nabi Muhammad di masjid Mapolsek Dabo. "Kegiatan di masjid Mapolsek Dabo yang sedang dalam masa rehab ini akan kita mulai setelah pelaksanaan sholat Ashar nanti," kata Kapolsek Dabo, AKP Syafrudin Anwar, Sabtu siang. (*)

Editor: Roelan