Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Jelang Tahun Baru, Jumlah Penumpang Lewat PDS Menurun
Oleh : Irwan Hirzal
Selasa | 30-12-2014 | 19:12 WIB
yovan-siahaan-kepala-pelabuhan-sekupang.jpg Honda-Batam
Kepala Syahbandar PDS Yovan Siahhan

BATAMTODAY.COM, Batam - Menjelang tahun baru sejumlah keberangkatan melalui Pelabuhan Domestik Sekupang  (PDS) tampak sepi ke sejumlah tujuan baik kota/provinsi. Operator hanya memberangkatkan satu kapal, hal itu sesuai hari biasa.

"Menjelang tahun baru ini penumpang kembali normal tidak ada lonjakan, terakhir lonjakan kenaikan jumlah penumpang terjadi pada Minggu (28/12/2014) tepat setelah Natal mencapai 3.142 penumpang," ujar Kepala Syahbandar PDS Yovan Siahhan Selasa (30/12/2014)

Sebanyak 3.142 penumpang yang berangkat, 70 persen dengan tujuan Dumai dengan 8 oprator dua armada Batam Jet dan 6 Dumai Expres. Sementara berselang hari berikutnya kata Yovan jumlah penumpang menurun yaitu 1.567 orang. 

Artinya jumlah penumpang turun 50 persen dibanding hari Minggu. Sementara untuk tujuan yang dipadati setiap hari besar yaitu Dumai hanya beroprasi 6 kapal. Batam Jet 2 dan Dumai Expres 4.

"Jumlah penumpang yang berangkat menurun menjelang tahun baru, hal ini dikarenakan tidak ada kegiatan dihari besar di kabupaten kota di Kepri," ujarnya. 

Sementara itu jumlah penumpang pada hari ini diperkirakan hanya mencapai 900 orang atau turun 600 penumpang dibanding hari sebelumnya. "Hari ini Dumai cuma bergerak 2 kapal, dengan armada 1 Batam Jet dan Dumai Expres," kata Yovan.

Sementara itu untuk cuaca di laut tidak mengalami kendala, sehingga jadwal keberangkatan tidak ada yang tertunda meski hujan mengguyur. 

"Jarak pandang masih 3 mil, sementara kalau jarak pandang sudah 100 meter jadwal keberangkatan akan kita tunda mengingat keselamatan penumpang ," pungkasnya.

Editor: Dodo