Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Pelaku Diduga Orang Dekat Korban

Hati-hati, Kini Rampok Berani Beraksi di Hang Nadim
Oleh : Hadli
Selasa | 30-12-2014 | 12:25 WIB
Bandara-Hang-Nadim-Batam.jpg Honda-Batam
Bandara Hang Nadim, Batam.

BATAMTODAY.COM, Batam - Aksi perampokan di kawasan Bandara Hang Nadim Batam terjadi pada Senin (29/12/2014) sekitar pukul 16.00 WIB. Pelaku dikabarkan berhasil lolos menggunakan salah satu taksi bandara menuju kawasan Nagoya. 

Plh Kepala Bandara Hang Nadim Batam, Suwarso membenarkan peristiwa itu. Menurutnya kasus tersebut langsung ditangani Polsek Khusus Kawasan Bandara Hang Nadim Batam. 

Sementara, Kapolsek Khusus Kawasan Bandara Hang Nadim Ajun Komisaris Polisi (AKP) Tommy Palayukan membenarkan peristiwa itu dan kini pihaknya masih berkoordinasi dengan Polresta Barelang. 

"Masih rapat. Nanti hubungi saya lagi ya," katanya menutup pembicaraan, Selasa (30/12/2014). 

Informasi yang diperoleh di bandara, korban yang diketahui berinisial H ditemukan d isekitar mobilnya dalam kondisi terikat. Korban saat itu langsung dibawa ke Polsek Khusus Kawasan Bandara. Sebagian warga lainnya, termasuk sopir taksi bandara mengejar pelaku yang diduga menaiki taksi dengan nomor lambung 67. 

"Saat itu, juga dilakukan melalui panggilan radio taksi. Barang kali aja saat terdengar oleh pelaku sopir taksi tersebut ditodong, atau sudah bekerja sama, karena taksi yang ditumpangi tidak dalam antrian," kata sumber seorang sopir taksi yang tidak mau disebutkan namanya. 

Di dalam mobil korban, uang sekitar Rp155 juta berhasil dibawa kabur oleh pelaku. Saat itu korban ke bandara mengantar keluarganya yang akan keluar kota.

"Pelaku minta diturunkan di kawasan Nagoya Newton," katanya kembali. 

Aksi perampokan di lahan parkir kawasan Bandara Hang Nadim ini merupakan peristiwa yang pertama terjadi tahun 2014. Di lahan parkir tersebut, memang terlihat tidak ada instrumen pengamanan yang memadai, baik kamera CCTV maupun petugas yang berjaga.

Sementara, petugas kawasan bandara, Ditpam BP Batam yang bertugas di kawasan tersebut dan Polisi hanya melakukan penjagaan di sekitar lobby keberangkatan dan kedatangan. 

Hingga kini belum diketahui apakah pelaku sudah menargetkan korban hingga melakukan aksinya, atau pelaku merupakan rekan korban dan atau ada kerjasama dengan pihak lain.

Namun dari keterangan polisi, saat membuat laporan, korban sempat menghubungi nomor ponsel pelaku namun sudah tidak bisa dihubungi. 

Editor: Dodo