Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Pelayanan Sering Dikeluhkan, Bupati Perintahkan Dirut Benahi RSUD Karimun
Oleh : Khoiruddin Nasution
Selasa | 30-12-2014 | 10:05 WIB
bupati_karimun_sidak_rsud.jpg Honda-Batam
Bupati Karimun, Nurdin Basirun, saat melakukan sidak di RSUD, Senin (29/12/20114). (Foto: Khoiruddin Nasution/BATAMTODAY.COM)

BATAMTODAY.COM, Karimun - Bupati Karimun, Nurdin Basirun, memerintahkan Dirut RSUD Karimun melakukan perencanaan yang matang dengan menambah fasilitas dan tenaga dokter. Tujuannya agar pelayanan di rumah sakit tersebut dapat berjalan secara maksimal.

"Dirut RSUD Karimun harus membuat perencanaan sejak sekarang. Seperti menambah ruangan, dokter serta fasilitas yang dianggap perlu. Jika tidak dilakukan penambahan fasilitas, maka RSUD Karimun ini tidak ubahnya seperi terminal dan pasar," kata Nurdin Basirun kepada BATAMTODAY.COM, saat melakukan inspeksi mendadak (sidak) di RSUD Karimun tersebut, Senin (29/12/2014).

Perintah itu terlontar akibat semrawutnya antrean pasien di loket pelayanan tiket dan loket pengambilan obat serta mendengar langsung keluhan pasien yang sedang berobat di RSUD Karimun itu.

"Memberikan pelayan yang baik kepada masyarakat tidak hanya dari pemerintah saja. Tetapi rumah sakit, pukesmas serta instansi lainnya juga wajib dan harus melakukannya," terangnya.

Namun khusus di RSUD Karimun, harus baik dan cepat dalam memberikan pelayanan terhadap masyarakat yang datang berobat. Meskipun masyarakat itu tidak memiliki kartu jaminan kesehatan dari golongan keluarga tidak mampu, tetap harus dilayani dengan baik.

"Intinya, saya sudah tahu permasalahan-permasalahan di RSUD Karimun ini," paparnya.

Beberapa orang masyarakat yang datang berobat dan sedang mengantre saat ditemui menyatakan, pelayanan di RSUD Karimun 'tidak beres'.

"Pelayanan di RSUD Karimun sangat lambat. Kemudian pelayanan yang baik tidak semua masyarakat bisa merasakannya (pilih kasih, red), dan itu sudah banyak buktinya. Salah satu saat mengantre untuk berobat saat ini," ujar salah seorang pasien.

Sementara itu Dirut RSUD Karimun, drg Agung Matyarto MKes menyebut, dalam waktu dekat dirinya akan mengajukan proposal ke Pemkab Karimun. "Proposal yang diajukan itu untuk penambahan ruangan seperti diminta Pak Bupati. Mudah-mudahan tahun 2015 mendatang, anggaran bisa dikucurkan, dan pembangunannya bisa dilaksanakan," katanya singkat. (*)

Editor: Roelan