Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

DKP Batam Mulai Sebar 49 Bin Kontainer
Oleh : Hadli
Senin | 29-12-2014 | 19:45 WIB
bin_kontainer_batam.jpg Honda-Batam
Salah satu bin kontainer yang ditempatkan di kawasan Batubesar.

BATAMTODAY.COM, Batam - Sebanyak 49 unit bin kontainer milik Dinas Kebersihan dan Pertahanan (DKP) Kota Batam sudah mulai disebar di beberapa titik. Diharapkan dengan adanya bin kontainer masyarakat tidak lagi membuang sampah sembarangan. 

"Dari 49 titik bin kontainer satu per satu sudah kita sebar. Salah satunya tidak jauh dari simpang tiga Batubesar atas permintaan warga," kata Kabid Kebersihan DKP Kota Batam Yudi Admaji saat dihubungi, Senin (29/12/2014). 

Menurutnya, saat ini pihaknya masih berkoordinasi dengan Lurah dan Camat untuk menentukan lokasi penempatan bin kontainer yang efektif untuk masyarakat membuang sampah. 

Pantauan BATAMTODAY.COM, satu unit bin kontainer yang ditempatkan DKP berada di antara dua jalur tersebut. Di titik ini setidaknya terdapat dua lokasi tumpukan sampah yang masih berserakan dibuang oleh pedagang seken tersebut. 

"Penempatan di tengah jalan dua sisi itu sementara. Nanti setelah taman jalan di bangun akan dipindahkan ke sisi kiri, sehingga mempermudah masyarakat sekitar membuang sampah, juga mempermudah petugas kita untuk menderek bin sampah tersebut," jelasnya. 

Pantauan di sisi lainya di Kelurahan Batubesar, berada di dekat pengobatan alternatif patah tulang, terdapat imbauan yang dituliskan dalam papan bertuliskan 'Dilarang Buang Sampah Di sini!!!'. Namun sampah tetap saja dibuang hingga menumpuk di sisi jalan. 

Pantauan di lokasi lainnya di depan perumahan Odessa, sekitar Botania, sampah kembali menumpuk dibuang masyarakat sekitar. Padahal sebelumnya sampah-sampah di dua titik pinggir jalan ini sudah dibersihkan DKP. 

Namun demikian, Yudi berharap, setelah adanya bin kontainer yang ditempatkan masyarakat membuang sampah langsung ke dalamnya.

"Harapan kita setelah bin kontainer diletakkan di TPS-TPS masyarakat, sampah dibuang langsung ke dalam bin kontainer, sehingga petugas kita tidak kerja dua kali bekerja memungut sampai di luar bin kontainer. Dengan demikian juga mempermudah petugas kita untuk mengangkut bin kontainer yang ditempatkan," jelasnya. ‎

Editor: Dodo