Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Ini Alasan DPRD Batam Tak Anggarkan Dana Besar untuk Pesta Akhir Tahun 2014
Oleh : Gokli
Senin | 29-12-2014 | 19:33 WIB
Nuryanto.gif Honda-Batam
Ketua DPRD Batam, Nuryanto.

BATAMTODAY.COM, Batam - Pesta akhir tahun 2014 akan berbeda dengan tahun sebelumnya. Dana miliaran rupiah dari APBD yang biasa dihabiskan untuk mendatangkan artis terkenal dan pesta ribuan kembang api, kali ini dipangkas DPRD Batam.

"Sengaja tidak dianggarkan dana besar. Tahun lalu banyak yang kritik. Selain itu kita juga coba lakukan efisiensi anggaran," kata Ketua DPRD Batam, Nuryanto, Senin (29/12/2014) siang.

Kendati tidak disebutkan berapa dana yang dianggarkan untuk pesta akhir tahun 2014, kata Nuryanto, dipastikan lebih kecil dibanding anggaran tahun lalu. Selain, memperkecil anggaran, DPRD Batam juga mempertimbangkan nilai postif dan negatifnya pesta akhir tahun.

Memang, lanjut Nuryanto, anggaran pesta akhir tahun 2013 lalu yang cukup besar itu jadi bahan omongan masyarakat. Bahkan, Kejaksaan negeri (Kejari) Batam juga sempat melakukan penyelidikan soal adanya dugaan penyimpangan anggaran tersebut, meski tidak ada ujungnya sampai dengan saat ini.

"Anggaran tahun lalu diperiksa Kejaksaan, itu jadi pertimbangan kami di DPRD. Jadi perlu ada evaluasi," jelasnya.

Menurutnya, untuk melakukan pesta akhir tahun, Pemko Batam harus benar-benar melakukan perencanaan yang matang. Jika perencanaan dan penggunaan dana sudah jelas, tidak menutup kemungkinan DPRD Batam akan menyetujui anggaran pelaksanaan pesta akhir tahun.

"Perencanaan yang matang itu harus ada. Tak mungkin kita anggarkan jadinya membuat mereka (pengguna anggaran) terjerumus. Tahun depan akan kita pertimbangkan lagi, lebih bagus tahun ini atau tahun lalu," tutup dia.

Editor: Dodo