Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Ada Pencurian, Lion Air Imbau Penumpang Jangan Simpan Barang Berharga di Bagasi
Oleh : Hadli
Sabtu | 20-12-2014 | 11:11 WIB
bandara hang nadim baru.jpg Honda-Batam
Bandara Hang Nadim, Batam.

BATAMTODAY.COM, Batam - Maskapai penerbangan Lion Air Grup di Batam mengimbau kepada calon penumpangnya untuk tidak meletakkan barang berharga, seperti uang, dompet, emas termasuk handphone di dalam tas yang dititipkan di bagasi pesawat. 

Imbauan tersebut disampaikan oleh Manager Lion Air Batam, Bire menyusul terjadinya pencurian barang bawaan milik penumpang di Bandara Hang Nadim Batam tujuan Balikpapan pada Selasa (16/12/2014) lalu. 

"Atas kejadian ini kami mengimbau kepada penumpang agar tidak meletakkan barang berharganya di dalam tas yang dititipkan di bagasi pesawat," kata Bire kepada BATAMTODAY.COM, Jumat (19/12/2014) sore. 

Dia mengatakan, sudah mewanti-wanti karyawannya termasuk di bagian headling untuk memberitahukan kepada calon penumpang agar tidak meletakkan barang berharga di dalam tas yang dititipkan di bagasi pesawat. 

"Saya sudah sampaikan sebelumnya, agar diberitahukan kepada calon penumpang yang check-in supaya barang berharga seperti uang, dompet termasuk emas dan handphone tidak diletakkan ke dalam tas yang dititipkan ke bagasi pesawat," katanya kembali. 

Menurutnya, adanya barang berharga dompet, uang dan sebagainya yang diletakkan di dalam tas yang dititipkan dibatasi pesawat dapat pemicu terjadinya pencurian, seperti yang terjadi pada korban penumpang Batam tujuan Pontianak. 

"Seharusnya digemboklah tas penumpang. Tapi saya juga heran, kok bisa pegawai tahu ada uang di dalam tas itu," katanya lagi.

Dirangkum BATAMTODAY.COM, kejadian pencurian barang milik penumpang maskapai Lion Air bukan pertama kali terjadi. Sejumlah penumpang yang baru turun mengeluhkan gembok atau pengunci tas yang dirusak, yang mengakibatkan barang berharga hilang. 

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, sebanyak delapan orang karyawan Lion Air digiring ke Polsek Kawasan Bandara Hang Nadim Batam pada Kamis (19/12/2014) sekitar pukul 13.00 WIB. 

Delapan orang tersebut diduga terlibat aksi pencurian barang milik penumpang di bagasi pesawat. Setelah dilimpahkan ke Polresta Batelang, lima orang ditahan, tiga orang lainnya berstatus sebagai saksi. 

"Satu orang masih dicari polisi," kata Manager Lion Air di Batam, Bire yang mendapat perkembangan proses penyelidikan dan penyidikan oleh unit Jatanras Polresta Barelang. ‎

Editor: Dodo