Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Jelang Natal dan Tahun Baru, Disperindag Batam Gelar Operasi Pasar Delapan Kali
Oleh : Gokli
Kamis | 11-12-2014 | 16:01 WIB
amzakar2.jpg Honda-Batam
Kepala Disperindag Batam, Amsakar Achmad.

BATAMTODAY.COM, Batam - Sampai akhir tahun 2014, Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Batam akan melakukan operasi pasar enam sampai delapan kali. Operasi pasar itu dilakukan untuk mencukupi kebutuhan sembako jelang Natal dan Tahun Baru.

"Kita masih ada enam sampai delapan kali lagi operasi pasar, jelang Natal dan Tahun Baru," kata Kepala Disperindag Batam, Amsakar Achmad, Kamis (11/12/2014) siang.

Menurutnya, operasi pasar itu dilakukan untuk mengontrol harga kebutuhan pokok dan pengadaan sembako murah kepada masyarakat. Selain itu juga, diharapkan operasi pasar bisa menekan gejolak kenaikan harga beberapa komoditi yang dibutuhkan masyarakat.

Lokasi operasi pasar, lanjut Amsakar, akan ditempatkan di titik-titik padat penduduk dan daerah hinterland. Sebelum turun, Disperindag Batam terlebih dulu melakukan koordinasi dengan pemerintah setempat seperti Camat dan Lurah.

"Kami juga sudah melakukan survei pasar, untuk mengontrol lonjakan kenaikan harga," ujarnya.

Dari hasil survei pasar, Disperindag dan Tim Ekonomi Pemko Batam mendapati kenaikan harga masih relatif normal. Hanya ada beberapa komoditi yang mengalami kenaikan seperti cabai merah dan hijau, sementara harga lain masih stabil.

"Stok kebutuhan sampai akhir tahun juga masih posisi aman," kata dia, lagi.

Pengadaan sembako murah dalam operasi pasar itu, kata Amsakar biasanya menyediakan beras, gula, minyak goreng, dan kebutuhan lainnya. Lokasi sasaran seperi daerah Batuaji, Sagulung, Seibeduk Nongsa dan daerah hinterland.

Editor: Dodo