Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

156 Kendaraan Terjaring Razia Operasi Zebra Seligi di Karimun
Oleh : Khoiruddin Nasution
Rabu | 03-12-2014 | 20:00 WIB
razia_batam_kota.jpg Honda-Batam
Foto ilustrasi razia kendaraan bermotor. (Foto: Dok/BATAMTODAY.COM)

BATAMTODAY.COM, Karimun - Sejak Operasi Zebra Seligi digelar mulali 26 November hingga 3 Desember 2014, sudah 156 kendaraan terjaring dan langsung ditilang karena melakukan pelanggaran berlalu lintas.

"Sampai hari ini, untuk roda dua yang terjaring berjumlah 150 unit, sedangkan roda empat 6 unit," ujar Kasat Lantas Polres Karimun, Ajun Komisaris Polisi I Ngurah Joni, kepada BATAMTODAY.COM di Mapolres Karimun, Rabu (3/12/2014).

Dikatakan, pelanggaran yang dilakukan pengendara kendaraan sampai dilakukan penilangan di tempat bervariasi. Contohnya, tidak mengunakan helm, tidak membawa surat kelengkapan kendaraan, serta melanggar arus lalu lintas.

"Operasi Zebra ini dilaksanakan untuk penegakan hukum terhadap pengendara kendaraan roda dua maupun empat yang melakukan pelanggaran di jalan raya. Oleh sebab itu, dalam pelaksanaannya, operasi dilakukan di beberapa tempat yang dianggap rawan terjadinya pelanggaran maupun lakalantas," jelasnya.

Dia menambahkan, operasi kali ini tidak hanya semata-mata untuk penegakan hukum saja, namun juga memberikan imbauan kepada masyarakat, baik berupa spanduk, brosur serta media massa, agar menaati aturan saat membawa kendaraannya.

"Diharapkan kepada masyarakat harus benar-benar mengikuti aturan dan disiplin dalam berlalu lintas. Dengan demikian, dapat menekan angka kasus lakalantas di Kabupaten Karimun,"tuturnya mengakhiri. (*)

Editor: Roelan