Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Jangan Diskriminasikan Orang dengan AIDS
Oleh : Habibi
Senin | 01-12-2014 | 19:15 WIB
hiv_aids.jpg Honda-Batam
Ilustrasi/net

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Musisi jalanan bersama Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Provinsi Kepulauan Riau beserta LSM di Tanjungpinang, mengadakan aksi sosiladiritas untuk memperingati hari AIDS sedunia yang diperingati pada hari ini, Senin (1/12/2014). Aksi tersebut dilakukan dengan orasi yang dikemas secara kreatif, yaitu berupa nyanyian tentang Stigma dan diskriminasi terhadap orang dengan HIV/AIDS (ODHA).

"Kegiatan ini kami lakukan agar masyarakat tidak lagi melakukan diskriminasi terhadap ODHA dan selalu berspekulasi sendiri tentang ODHA. Mari kita kasihi mereka," ujar Lim Lebon, koordinator aksi dari komunitas Gong-Gong yang ditemui di GOR Kaca Puri, Senin sore.

Dalam kegiatan tersebut, rombongan masuk ke sejumlah tempat, seperti pasar sayur, Jalan Teuku Umar dan warung kopi, Pelabuhan Sri Payung, Kijang Lama, dan akan berakhir di Anjung Cahaya.

Sementara itu, Kepala Bagian Program KPA Provinsi Kepri, Harmoni, mengatakan, untuk tahun 2014 ini kasus AIDS menurun, yaitu hanya 630 kasus. Sedangkan pada tahun 2013 ada sebanyak 885 kasus.

"Yang terbanyak masih di Batam, karena memang di sana penduduknya padat," ujar Harmoni.

Bersempena dengan hari AIDS sedunia ini, Harmoni mengatakan bahwa hendaknya masyarakat tidak lagi berstigma tentang ODHA dan mendiskriminasi mereka. Pasalnya mereka memiliki hak yang sama dengan manusia lainnya.

"Jangan biarkan mereka semakin terpuruk, jadi mari kita berikan hak mereka seperti manusia pada umumnya," imbau Harmoni. (*)

Editor: Roelan