Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Tekan Persebaran HIV dan AIDS, Rutan dan Lapas Harus Siagakan Dokter
Oleh : Gabriel P. Sara
Senin | 01-12-2014 | 13:05 WIB
hari_aids_lapas.jpg Honda-Batam
Seremoni peringatan Hari AIDS se-Dunia di Lapas Barelang.

BATAMTODAY.COM, Batam - Untuk mengantisipasi persebaran virus HIV dan penyakit AIDS, Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) dan Rumah Tahanan Negara (Rutan) harus dilengkapi dengan perangkat medis yang memadai seperti dokter, perawat maupun ambulans.

Hal itu disampaikan Wakil Gubernur Kepulauan Riau, Soerya Respationo dalam peringatan Hari AIDS se-Dunia yang berlangsung di Lapas Barelang, Tembesi, Senin (1/12/2014)

"Ini untuk mengantisipasi ketika ada tahanan yang sakit agar lebih mudah peroses pengobatannya, dan tidak kemana-mana lagi, kalau semua lengkap fasilitasnya baik tenaga kesehatan maupun perlengkapan lainnya di sini (Lapas Barelang) maka otomatis lebih mudah untuk melakukannya," jelasnya.

Soerya juga mengimbau, agar Lapas kelas IIA Batam, turut berperan serta dan bersinergi harmonis dengan berbagai pihak, baik pemerintah, organisasi masyarakat sipil, swasta maupun masyarakat umum menjadi kunci keberhasilan upaya pencegahan HIV dan AIDS.

"Semua harus berperan untuk menjaga, mencegah serta menghindari HIV dan AIDS, dan bisa menjaga diri sendiri, saling mengingatkan, agar nantinya tidak terjerumus ke dalam penyakit yang tidak kita harapkan ini," imbaunya.

Pencegahan HIV dan AIDS bukan hanya peran dari pemerintah saja melainkan semua pihak memiliki tanggung jawab dalam menekan persebaran penyakit mematikan ini.

"Mari sama-sama jauhi HIV dan AIDS, semua harus perperan dan saling mengingatkan," harapnya.

Editor: Dodo