Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Beijing Terapkan Larangan Merokok Mulai Juni 2015
Oleh : Redaksi
Senin | 01-12-2014 | 08:19 WIB
New+Smoking+Ban+Comes+Effect+China+X2Qr1IJZBmwl.jpg Honda-Batam
Foto ilustrasi/net

BATAMTODAY.COM - KOTA Beijing Tiongkok akan mengeluarkan larangan merokok di dalam gedung yang merupakan ruang publik, seperti dilaporkan media pemerintah. Kebijakan larangan merokok itu juga akan berdampak terhadap iklan promosi rokok, yang akan dilarang dipasang di transportasi publik, film, majalah dan koran.

Jumlah perokok di Tiongkok diperkirakan mencapai 300 juta orang. Sebelumnya, upaya untuk melarang kebiasaan merokok berakhir dengan kegagalan.

Peraturan larangan merokok akan mulai diterapkan pada Juni tahun depan, dimulai di Beijing. Tetapi, larangan itu kemungkinan akan diterapkan di seluruh Tiongkok yang berpenduduk 1,3 trilliun jiwa.

Dalam usulan peraturan itu, merokok akan dilarang di bis, tempat kerja atau di ruang terbuka yang berada di dekat gedung sekolah atau rumah sakit.

Wartawan BBC, Michael Bristow, mengatakan, rencana itu akan menyelamatkan jutaan perokok Tiongkok yang meninggal setiap tahunnya, akibat penyakit yang berkaitan dengan rokok. Tetapi, Bristow melaporkan peraturan larangan merokok yang pernah diterbitkan, diabaikan.

Kementerian kesehatan menerbitkan aturan larangan merokok di ruang publik seperti hotel dan restoran pada 2011. (*)

Sumber: BBC