Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Kementerian PU Bangun Dua Jalan Layang di Batam Awal 2015
Oleh : Gokli Nainggolan
Kamis | 27-11-2014 | 13:23 WIB
100830_konstruksi-beton-jalan-layang-casablanca.jpg Honda-Batam
Foto ilustrsi/net

BATAMTODAY.COM, Batam - Kementerian PU mengucurkan dana sebesar Rp582 miliar untuk pembangunan jalan layang (fly over) di Batam. Proyek tersebut ditargetkan mulai dibangun pada awal 2015.

"Proyek ini memakan waktu tiga tahun. Target kita mulai dibanguna awal tahun 2015," kata Yumasnur, Kepala Dinas PU Batam, usai menghadiri rapat presentasi yang dilakukan Kementerian PU di kantor Wali Kota Batam, Kamis (27/11/2014) siang.

Yumasnur menjelaskan, jalan layang ini akan dibagun di simpang jam sepanjang 150 meter dengan anggaran Rp157 miliar dan di simpang Kabil sepanjang 425 meter dengan anggaran Rp425 milliar. "Lelang proyek dibuka bulan Desember 2014. Kita sedang menyeselesaikan persoalan yang menyangkut utilitas dan reklame agar pembangunan jalan layang ini bisa lancar," kata dia.

Untuk menyelesaikan persolan utilitas itu, lanjut Yumasnur, pihanya sedang melakukan koordinasi dengan pihak terkait seperti kepolisian, BP Batam, dan Bapedal Provinsi Kepulauan Riau. Tak hanya itu, kata dia, pihaknya juga akan melakukan koordinasi terkait adanya beberapa kabel dan pipa di lokasi pembangunan proyek tersebut.

"Kita sudah koordinasikan ke polisi untuk membuat rekayasa jalan agar arus lalu lintas tetap lancar," ujarnya.

Selama pembangunan jmebatan layang, kata dia, Pemerintah Kota (Pemko) Batam mengimbau masyarakat agar dapat bersabar. Sebab, arus lalu lintas akan sedikit terganggu di sekitar proyek tersebut. (*)

Editor: Roelan