Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Cegah Penularan HIV, Tukang Pangkas Rambut di Anambas Diimbau Ganti Pisau Cukur
Oleh : Nursali
Kamis | 13-11-2014 | 16:42 WIB

BATAMTODAY.COM, Tarempa - Dinas Kesehatan Kabupaten Kepulauan Anambas mengimbau secara tertulis kepada seluruh tukang pangkas rambut yang beroperasi di daerah itu agar mengganti pisau cukurnya saat melayani pelanggannya. Hal ini dilakukan untuk menekan penyebaran virus HIV kepada masyarakat.

Kabid Penanggulangan Penyakit Penyehatan Lingkungan, (P2PL) Islam Malik, Dinas Kesehatan Kabupaten Kepulauan Anambas mengatakan saat pemberitahuan tersebut telah dilakukannya beberapa waktu lalu dan melakukan survey di tiap-tiap kios tukang pangkas rambut untuk memastikan pisau yang mereka gunakan selalu diganti tiap kali melayani pelanggannya.

"Meskipun begitu, tetap saja kita butuh kerjasama dari warga juga, apabila menemukan tukang cukur yang nggak mengganti siletnya maka tegur saja," kata Malik, Kamis (13/11/2014).

Ia mengatakan meskipun demikian upaya yang dilakukan Dinas Kesehatan dalam menekan persebaran virus HIV ini bukan sebagai jaminan, namun juga kesadaran dan pengetahuan masyarakat yang menjadi cara yang paling efektif dalam menekan penyebaran penyakit tersebut.

"Jika masyarakat kita sadar dan tahu tentang bahayanya virus HIV tersebut tentu itu cara yang ampuh dalam mencegahnya," katanya.

Editor: Dodo