Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Lingga Utara Rawan Penyebaran Malaria
Oleh : Nurjali
Jum'at | 07-11-2014 | 14:57 WIB
ilustrasi nyamuk.jpg Honda-Batam
Foo ilustrasi/net.

BATAMTODAY.COM, Dabosingkep - Kecamatan Lingga Utara dinyatakan sebagai daerah rawan penyebaran malaria. Tim yang dibentuk oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Lingga menemukan 11 orang di Lingga Utara positif terjagkit demam malaria setelah turun untuk melakukan pemeriksaan ke wilayah tersebut beberapa hari lalu.

"Hasil mass blood survey, pemeriksaan darah atau pengecekan darah pada warga, didapati 11 di antaranya positif terkena malaria," papar Ahmad Mudlofir, ketua tim yang juga Kabid P2M (Pemberantasan Penyakit Menular) Dinas Kesehatan Kabupaten Lingga, kepada BATAMTODAY.COM, Jumat (7/11/2014).

Dengan adanya temuan tersebut, tim menyatakan bahwa Lingga Utara sebagai rawan penyebaran malaria. Karena itu, katanya, dinas kesehatan akan terus melakukan pemantauan terhadap beberapa desa di wilayah tersebut agar penyebarannya tidak semakin meluas.

Dia juga mengimbau agar masyarakat dapat bersama-sama menjaga lingkungan sekitarnya agar tidak terjadi lagi penularan penyakit malaria ini. "Kita harapkan kepada semua pihak juga, dapat bekerja sama dalam menangani masalah ini," harapnya.

Sebelumnya, telah ditemukan tujuh orang terjangkit malaria di wilayah tersebut dalam sepekan. Setelah temuan tersebut, Dinas Kesehatan Lingga telah melakukan beberapa kegiatan di wilayah tersebut dan hasilnya kembali ditemukan 11 orang positif malaria. (*)

Editor: Roelan