Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Buntut Kesurupan Massal, Siswa SMP Negeri 20 Batam Diliburkan
Oleh : Irwan Hirzal
Selasa | 04-11-2014 | 12:52 WIB
kesurupan1.JPG Honda-Batam
Salah satu siswi SMP Negeri 20 yang mengalami kesurupan di sekolahnya.

BATAMTODAY.COM, Batam - SMP Negeri 20 Batam menghentikan aktivitas belajar mengajar dan meliburkan seluruh siswa menyusul peristiwa kesurupan massal yang menimpa puluhan murid sekolah tersebut.

"Rencananya besok juga diliburkan untuk membersihkan pengaruh negatif yang berimbas pada kesurupannya sejumlah siswa," kata Gufawati, Wakil Kepala SMP Negeri 20 Batam, Selasa (4/11/2014).

Dia menduga peristiwa kesurupan massal ini berawal dari kerja bakti membersihkan lingkungan sekolah pada Sabtu (1/11/2014) lalu.

Pembersihan sudut lingkungan sekolah itu yang diduga membuat 'penunggu' sekolah itu berontak, hingga dua hari siswa kesurupan massal. Kata Gufawati, kejadian seperti ini pernah terjadi empat tahun lalu.

"Tetapi cuma satu orang saja yang kesurupan itu juga siswa laki-laki," ujarnya.

Pernyataan itu juga dibenarkan AS Ibrahim, praktisi supranatural yang didatangkan dari Belakangpadang membenarkan bahwa kesurupan tersebut disebabkan sejumlah lokasi yang menjadi tempat persemayaman 'penunggu' sekolah diganggu.

Sementara itu Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Batam Muslim Bidin yang turut hadir di SMP Negeri 20 mengaku kejadian seperti ini di luar pemikiran manusia. 

"Percaya tidak percaya, makluk halus itu selalu ada," kata Muslim.

Editor: Dodo