Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Pererat Kerja Sama, Polri-PDRM Lakukan Pertukaran Personel
Oleh : Hadli
Senin | 03-11-2014 | 18:47 WIB
polri-pdrm.jpg Honda-Batam
Foto bersama delegasi Polri dan PDRM. (Foto: Istimewa),

BATAMTODAY.COM, Batam - Menindaklanjuti kerja sama antara Polisi Republik Indonesia (Polri) dengan Polisi Diraja Malaysia (PDRM), Polda Kepri melakukan pertukaran personel dengan PDRM, terutama mengenai kejahatan di perbatasan kedua negara. 

Pelaksanaan penerimaan delegasi PDRM dalam program pertukaran personel Polri-PDRM, yang dipimpin Kapolda Kepri Brigjen Pol Arman Depari dan Ketua Delegasi PDRM, langsung perkenalan antara pejabat utama Polda Kepri dan perwakilan PDRM.  

Kabid Humas Polda Kepri AKBP Hartono mengatakan, gambaran tentang pelaksanaan tugas, fungsi dan peranan kepolisian di wilayah Polda Kepri disampaikan langsung oleh para pejabat utama Polda Kepri sesuai tugasnya masing-masing dilanjutkan mendiskusikan berbagai permasalahan gangguan kamtibmas atau keamanan yang berhubungan dengan kedua negara. 

"Kami berharap melalui program ini akan terjalin komunikasi yang efektif antara Polri dan PDRM, sehingga akan mempermudah koordinasi dalam pelaksanaan tugas, khususnya berkaitan dengan penyelesaian berbagai permasalahan di wilayah perbatasan. Sehingga diharapkan akan mendapatkan jalan pemecahannya," jelasnya. 

Dalam kesempatan itu, Kapolda Kepri berharap kepada pejabat Polda dapat menerima delegasi Polis Diraja Malaysia dengan baik dan melakukan komunikasi yang efektif, untuk saling bertukar pikiran dan pengalaman sehingga akan mendapatkan wawasan baru berkaitan dengan penanganan berbagai permasalahan kemanan atau gangguan kamtibmas.

"Lakukan kajian secara mendalam terhadap berbagai informasi yang didapatkan, sehingga diharapkan akan menjadi masukan yang terbaik dalam mengambil langkah-langkah selanjutnya," jelasnya. 

Adapun kesepuluh delegasi PDRM yang akan ditempatkan di Polda Kepri, diantaranya Acp HJ. Zainuddin Bin Zainal sebagai ketua, Supt. Datin Wan Safiah Bt.Hj. Wan Ahmad sebagai wakil, sedangkan delapan orang sebagai anggota, Supt Mohhd Taib Bin HJ.Ahmad, Supt. Muhammad Azlin Bin hJ.Sadari, Supt Khairy Bin Abdul Kadir, Dsp Lam Yook Chai, Dsp Adzli Bin Abu Shah, Asp Nor Zaleha Bt. Ismail, SASP Normah Bt Dun, Insp. Al Husin Bin Halil. 

Sementara itu, Kompol Endro Sulaksono, Konsul Kepolisian KJRI Johor Bahru Malaysia, kepada BATAMTODAY.COM, mengatakan kesepuluh delegasi dari PDRM diterima oleh Ditlantas Polda Kepri, Komisaris Besar Polisi Tantan Sulistiana, dan Direktur Ditreskrimum Polda Kepri Komisaris Besar Polisi Cahyono Wibowo. 

"Besok, Selasa (4/11/2014), akan diterima secara simultan oleh Direskrimsus Komisaris Besar Polisi Syaha Diantono, Ditnarkoba Komisaris Besar Polisi Wiyarso dan Dirpolair Komisaris Polisi Hero Hendrianto Bachtiar," paparnya. 

Dia juga mengatakan, pada Minggu (2/11/2014), telah dilakukan patroli bersama di perairan perbatasan Kepri dan Johor oleh Polair Kepri dipimpin oleh AKBP Danu Waspodo dengan Polis Marin Johor dipimpin oleh ASP Mazree dan didampingi Kompol Endro 

"Patroli bersama atau rendezvous (RV) merupakan kegiatan rutin perbatasan penegak hukum perbatasan kedua negara. Tujuan RV kali ini untuk saling tukar informasi terkait dengan tindak pidana di laut kedua negara khususnya penyelundupan manusia, narkoba, perompakan dan pencurian ikan," jelas 

Kedua penegak hukum, lanjut Endro Sulaksono, telah menyepakati adanya kerja sama penegakan hukum guna meminimalisir terjadinya kejahatan lintas negara.

Editor: Dodo