Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Kinerja Dinsos Karimun Dinilai Kurang Maksimal
Oleh : Khoiruddin Nasution
Jum'at | 24-10-2014 | 08:53 WIB
anak jalanan batam.jpg Honda-Batam
Ilustrasi.

BATAMTODAY.COM, Karimun - Kinerja Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Karimun, Provinsi Kepulauan Riau dinilai kurang maksimal. Pasalnya, sampai saat ini persoalan Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PKMS) di Karimun belum juga teratasi.


"Masih banyak di Tanjung Balai Karimun ini terlihat anak dibawah umur berada di pusat perbelanjaan, rumah makan, restoran dan warung kopi. Namun, ketika pengunjung masuk ke tempat tersebut, anak-anak itu langsung mengejar beramai-ramai, untuk meminta-minta uang. Bahkan ada juga yang terkesan memaksa. Hal itu tentunya merupakan masalah besar bagi daerah berazam ini," tegas Staf Ahli Bupati Bidang Kemasyarakatan dan SDM Pemkab Karimun, Anwar Ujang kepada BATAMTODAY.COM, Kamis (23/10/2014) di Gedung Nasional.

Padahal, anak adalah anugerah Illahi yang harus diberikan pembinaan dan pengarahan, agar menjadi manusia yang berguna bagi dirinya sendiri, orang tua, bangsa serta negaranya.

Seyogianya, kata Anwar Ujang lagi, Dinsos dapat bekerjsama dengan Satpol PP untuk mengatasi hal itu. "Dinsos dan Satpol PP perlu turun kelapangan secara rutin, minimal sekali dalam satu minggu. Jika ditemukan anak-anak itu, langsung diambil lalu dibawa ke kantor, kemudian diberikan pembinaan serta pengarahan," paparnya

Jika diketahui anak tersebut tidak memperoleh pendidikan (sekolah) atau putus ditengah jalan, sejatinya diberikan bantuan kepadanya, untuk melanjutkan pendidikannya tersebut.

Editor: Dodo