Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Wagub Kepri Janji Bicarakan Pembangunan Pelabuhan Bongkar Muat dengan Pemkab Bintan
Oleh : Harjo
Kamis | 23-10-2014 | 17:18 WIB
Wakil_Gubernur_Kepri_Suryo_Respatyono.JPG Honda-Batam
Wakil Gubernur Kepri, Soerya Respationo. (Foto: Harjo/BATAMTODAY.COM)

BATAMTODAY.COM, Lobam - Wakil Gubernur Kepulauan Riau (Kepri), Soerya Respationo, berjanji akan menindaklanjuti permintaan warga untuk membangun pelabuhan bongkar muat di Bintan Utara. Soerya juga mengatakan akan membicarakan hal ini kepada Pemerintah Kabupaten Bintan.

"Aspirasi agar dibangun pelabuhan bongkar muat akan segera kita bicarakan dengan Pemkab Bintan, dan kita siap untuk itu," ujar Soerya kepada BATAMTODAY.COM di Serikuala Lobam, Kamis (23/10/2014).

Sementara itu, tokoh masyarakat Bintan Utara, Sahat Simanjuntak, menyampaikan harapannya agar pihak Pemprov bisa membangun pelabuhan bongkar muat di wilayah Bintan Utara di luar fasilitas FTZ yang ada di Kawasan Industri Bintan (KIB) Lobam.

Menurutnya, tidak bisa dipungkiri kegiatan para pengusaha di pelabuhan yang tidak resmi ibarat buah simalakama, antara kebutuhan masyarakat dan keserakahan atau sebagian memanfaatkan pelabuhan tidak resmi dengan mengatasnamakan kebutuhan masyarakat.

Anehya, kata dia, kondisi ini terkesan sudah dilegalkan oleh seluruh aparat penegak hukum dan pemerintah yang sampai saat belum pernah memikirkan untuk membangun pelabuhan bongkar muat yang resmi.

"Karena sudah lama terbiarkan dan hingga lupa memikirkan kapan membangun fasilitas pelabuhan yang resmi untuk mempermudah dan menertibkan masuknya seluruh barang dari pelabuhan tikus yang masih tetap terjaga dengan rapi mengingat keberadaan seluruh pelabuhan tidak resmi sudah ada sejak puluhan tahun lalu," ujar Sahat. (*)

Editor: Roelan