Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Belum Selesai Dibangun, Dermaga Pelabuhan Dabo Sudah Retak
Oleh : Nurjali
Rabu | 15-10-2014 | 15:42 WIB
pelabuhan dabo yg retak.JPG Honda-Batam
Salah seorang petugas Kantor Unit Pelabuhan Dabo memperlihatkan keretakan pada dermaga pelabuhan tersebut. (Foto: Nurjali/BATAMTODAY.COM)

BATAMTODAY.COM, Dabosingkep - Pelabuhan Dabo di Singkep, Lingga, belum lagi selesai dibangun karena kontraktor tak berhasil menyelesaikannya, namun sudah rusak dan retak akibat ditabrak kapal yang bersandar di pelabuhan tersebut.

Menurut Kepala Tata Usaha Kantor Unit Pelabuhan Dabo, Emran, mengatakan, pihaknya sudah menurunkan tim untuk melakukan investigasi mengenai kerusakan tersebut. Namun dia dapat memastikan apa penyebab dari kerusakan tersebut.

"Kami sudah turunkan anak buah untuk mengecek apa penyebab retak di pelabuhan tersebut," kata Emran, Rabu (15/10/2014).

Emran mengaku kapal yang terakhir bersandar sebelum dermaga pelabuhan itu diketahui retak adalah kapal KM DBS 01 GT 371, yang pada saat itu sedang membongkar muatan semen. Namun pihaknya tidak mau menuduh karena pada saat kejadian, tidak ada anggotanya di sana.

"Kami tidak mau menuduh. Tapi memang benar yang terakhir bersandar di situ adalah kapal pengangkut semen," kata Emran.

Dia juga mengaku belum menghubungi pemilik kapal karena harus melakukan investigasi terlebih dahulu.

Pelabuhan yang belum selesai tersebut, merupakan proyek APBN tahun 2013 yang pengerjaannya terbengkalai karena ditinggal pergi oleh kontraktornya. (*)

Editor: Roelan