Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Lomba Panjat Pinang Semarakkan HUT ke 15 Kabupaten Karimun
Oleh : Khoiruddin Nasution
Rabu | 15-10-2014 | 15:33 WIB
panjat_pinang_karimun.jpg Honda-Batam
Lomba panjat pinang memeriahkan HUT ke-15 Kabupaten Karimun.

BATAMTODAY.COM, Karimun - Sebagai bentuk perwujudan luapan kegembiraan masyarakat Karimun atas terbentuknya kabupaten ini pada 15 tahun lalu itu, CV Bangun Kuhuripan Tanjung Balai Karimun menggelar lomba panjat pinang, di depan panggung rakyat Putri Kemuning Coastal Area, Kecamatan Karimun.


Lomba tradisional yang dibuka langsung Bupati Karimun itu, diikuti 15 regu dari tiap-tiap Kelurahan se-Kecamatan Karimun. Setiap regu memiliki 5 anggota. Sedangkan pohon pinang yang dipancangkan sebanyak 3 batang.

Ketua panitia, Raden Dedi Kurniawan kepada BATAMTODAY.COM, Rabu (15/10/2014) sekitar pukul 10.00 WIB menyampaikan,  pohon pinang itu setinggi 10 meter. Sedangkan peserta diantaranya berasal dari Kelurahan Sei Lakam Barat sebanyak 3 regu, Kelurahan Teluk Air 7 regu dan kelurahan lain se Kecamatan Karimun.

"Selain merayakan HUT ke 15 Kabupaten Karimun, lomba seperti ini sebagai bentuk menginggatkan kepada masyarakat mengenai perlombaan tradisional. Disamping itu, juga untuk meningkatkan solidaritas, dan mempererat tali silaturahmi," ujar Dedi

Lebih jauh dijelaskan, lomba panjat pohon pinang ini, juga berkerjasama dengan Bank Rakyat Indonesia (BRI) Tanjung Balai Karimun, Bank Riau Kepri, PT. Saipem Indonesia Karimun Branch (SIKB), serta Dinas Pariwisata Seni dan Budaya (Disparsenibud) Kabupaten Karimun.

"CV.Bangun Kuhuripan hanya sebagai pelaksana perlombaan. Mengenai beragam hadiah yang telah disediakan, kita mendapatkan bantuan dari sponsor-sponsor tersebut," katanya.

Sementara itu Pimpinan Cabang Bank Rakyat Indonesia (BRI) Tanjung Balai Karimun, Sigit Nugroho berterimakasih kepada panitia pelaksana lomba, yang telah mengikutkan BRI menjadi bagian dalam perlombaan yang digelar.

"Adanya bagian dalam kegiatan pesta rakyat ini, BRI Tanjung Balai Karimun juga mendirikan stand yang mengenal serta menjual produk-produk, seperti berupa tabungan maupun pinjaman. Alhamdulillah sampai sejauh ini telah banyak masyarakat bermitra dengan kami," ucapnya.

Disamping itu, Bupati Karimun, Nurdin Basirun dalam arahannya menyambut baik perlombaan panjat pohon pinang tersebut. Hanya saja, pada setiap pembicaraannya, Bupati Nurdin tak bosan meminta kepada masyarakat untuk tetap menjaga kebersihan dilingkungan di Coastal Area itu.

Menariknya, Bupati Karimun secara mendadak meberikan kejutan kepada panitia pelaksana kegiatan serta kabar gembira bagi regu yang mengikuti perlombaan. Sebab, orang nomor satu di Karimun ini memberikan uang tunai senilai Rp1 juta kepada masing-masing regu yang berhasil mengambil bendera yang berada di ujung pohon pinang.

Editor: Dodo