Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Pelni Buka Rute Pelayaran ke Papua dari Batam di 2015
Oleh : Irwan Hirzal
Selasa | 14-10-2014 | 10:37 WIB

BATAMTODAY.COM, Batam - Awal tahun 2015 masyarakat Batam bisa menikmati rute pelayaran hingga ke Indonesia Timur setelah PT Pelni akan menambah satu kapal yaitu KM Sinabung untuk melayani pelayaran hingga ke Papua.


Hal tersebut dikatakan oleh General Manajer PT Pelni Tanjung Priok Jakarta, Sutrisno saat menghadiri sertijab Kepala Pelni Batam dari Firman Rachimin yang akan pindah tugas ke Kupang digantikan oleh Hambali yang akan memimpin Pelni Batam beberapa hari lalu 

"Tahun depan warga Batam yang hendak ke Indonesia timur atau Papua bisa lebih irit lagi mengeluarkan ongkos karena KM Sinabung akan beroprasi," ujar Sutrisno belum lama ini.

Menurut Sutrisno tambahan kapal yakni KM Sinabung nanti rencananya akan dioperasikan ke rute timur Indonesia tiap bulan. KM Sinabung akan masuk ke Batam selama dua kali.

"Jadi tahun depan apabila ada warga Batam yang hendak ke Indonesia timur seperti NTT, Kupang, Makassar bahkan sampai ke Papua sudah bisa berangkat naik kapal Pelni dari pelabuhan Beton menggunakan KM Sinabung," ujar Sutrisno.

Tidak hanya untuk Batam saja KM Sinabung nantinya direncananya akan transit ke Tanjungpinang sebelum berangkat menuju Kupang, Makasar dan Papua

Namun kata Sutrisno mekanisme rute maupun sosialisasi kepada masyarakat, masih dijalankan bahkan empat bulan sebelum beroprasi tiket kapal bisa dibeli. 

"Sosialisasi sudah kita lalukan, bentuknya empat bulan sebelum KM Sinabung beroprasi loket Pelni sudah melayani tiket kapal," kata dia.

Penjualan tiket KM Sinabung nantinya akan ada manual ataupun melalui online yang akrab disebut e-ticketing. Namun demikian, soal e-ticketing sampai saat ini masih hanya wancana.

"Kalau melalui internet bookingnya atau e-ticketing, tinggal bawa nomor bookingnya, nanti sampai di Pelabuhan Beton tunjukkan ke petugas Pelni. Nanti di pelabuhan akan kami sediakan alat untuk cetak tiket penumpang yang memesan secara online," pungkasnya.

Editor: Dodo