Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Dinkes Lingga Segera Datangkan Dokter Spesialis Kandungan
Oleh : Nur Jali
Sabtu | 11-10-2014 | 10:54 WIB
Kadinkes Lingga dr Ignatius Luti MPH.jpg Honda-Batam
Kepala Dinkes Lingga, dr. Ignatius Lutti.

BATAMTODAY.COM, Dabosingkep - Dinas Kesehatan Kabupaten Lingga bergerak cepat untuk segera menghadirkan dokter spesialis kandungan yang akan bertugas di dua rumah sakit, di Daik dan Singkep.


Kepala Dinkes Lingga, dr. Ignatius Lutti mengatakan diharapkan pada Senin pekan depan kedua dokter tersebut tiba untuk mengatasi kekosongan dokter spesialis kandungan.

"Keterlambatan kedatangan dokter kandungan tersebut karna adanya perubahan dalam pengurusan administrasi dari pihak Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta yang telah melakukan MoU dengan kami," kata dia, Sabtu (11/10/2014). 

Hal ini membuat hampir satu bulan ini, dokter kandungan di rumah sakit umum daerah Dabosingkep dan Rumah Sakit Lapangan Daik Lingga mengalami kekosongan dokter kandungan.

"Sebelumnya pengurusan administrasinya hanya dengan izin di bagian tata usaha saja, sekarang izinnya juga harus melalui fakultas, sehingga prosesnya sedikit panjang," tambah Lutti..

Dengan kedatangan dokter kandungan ini, Lutti berharap agar masyarakat tidak perlu khawatir lagi. Sesuai dengan program pemerintah pusat dan daerah untuk menekan angka kematian ibu dan anak saat melahirkan, maka Pemkab Lingga telah berhasil menekan kejadian tersebut. Angka kematian ibu dan anak pada tahun 2013 yang lalu berjumlah 6 orang dan tahun ini hingga akhir tahun 2014 baru ada satu kasus.

"Untuk menekan jumlah kematian ibu dan anak dinkes juga menyiapkan bidan dan rumah bersalin di setiap desa," kata Lutti.

Selain dokter kandungan, Dinkes Lingga juga telah mendatangkan beberapa dokter spesialis yang akan melayani dua rumah sakit seperti dokter anak, penyakit dalam dan ada beberapa spesialis lain, sesuai kebutuhan masyarakat.

Editor: Dodo