Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Peserta Simulasi Tes CPNS di Tanjungpinang Mengaku Kewalahan Kerjakan Soal
Oleh : Habibi
Jum'at | 10-10-2014 | 21:32 WIB
Walikota Tanjungpinang, Lis Darmansyah saat meninjau pelaksanaan simulasi CAT.jpg Honda-Batam
Wali Kota Tanjungpinang, Lis Darmansyah, saat meninjau pelaksanaan simulasi tes CPNS.

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Tanjungpinang, Jumat (10/10/2014), menggelar simulasi tes CPNS berbasis komputer (CAT) di lantai tiga gedung DPRD Tanjungpinang. Sebanyak 50 unit komputer baru telah disiapkan untuk ujian yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat.

"Ujiannya menunggu konfirmasi dari BPN. Sekarang kita hanya lakukan simulasi saja untuk melihat dan memprediksikan apakah peralatan kita sudah memadai," ujar Raja Khairani, Kepala BKD Tanjungpinang.

Khairani mengatakan, yang mengikuti kegiatan simulasi tes CPNS tersebut diambil dari pelamar CPNS sebanyak 200 orang.

Dari hasil simulasi tersebut, para CPNS yang mengikuti simulasi mengaku kewalahan mengisi soal-soal yang diberikan. Pasalnya selain soalnya susah, waktu yang diberikan pun sangat singkat.

Terkait hal tersebut, Khairani mengatakan penambahan waktu tak bisa dilakukan. Sistem yang ada sudah terprogram dari pusat.

Sama halnya dengan soal asli, soal simulasi juga memakai tiga kategori tes, yakni tes wawasan kebangsaan (TWK), tes intelijensi umum (TIU), dan tes kepribadian (TKP). Pada pelaksanaan tes, soal yang harus dikerjakan oleh peserta sebanyak 100 butir dengan waktu yang disediakan 90 menit.

"Rinciannya, TWK 35 soal, TIU 30 soal, dan TKP 35 soal. Setiap kategori ada passing grade-nya," ujarnya.

Untuk TKW, passing grade-nya 70, TIU 75 dan TKP 126. Khairani menambahkan, yang harus diperhatikan peserta, jika satu kategori saja nilai yang diperoleh tidak mencapai ambang batas minimal, maka pelamar otomatis harus gugur.

"Jika ingin lulus, tiga-tiganya harus di atas passing grade," terangnya. (*)

Editor: Roelan