Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Puskesmas Botania Resmi Beroperasi
Oleh : Ali
Sabtu | 11-06-2011 | 17:15 WIB

Batam, Batamtoday - Pesatnya penduduk Batam, khususnya Kelurahan Belian, Kecamatan Batam Kota membuat Pemerintah Kota Batam bersama developer saling bergandeng tangan untuk mewujudkan fasilitas umum bagi masyarakat. Hal ini terbukti dengan telah beroperasinya Puskesmas Botania dengan luas tanah seluas 400 meter persegi di kawasan Botania yang diresmikan langsung oleh Wali Kota Batam, Ahmad Dahlan.

"Lahan yang diberkan developer kepada pemerintah sangat bermanfaat bagi masyarakat, contohnya Puskesmas ini. Mengingat jumlah penduduk Kelurahan Belian telah mencapai 60 ribu jiwa pada saat ini," ujar Dahlan disela-sela peresmian operasi Puskesmas Botania di Botania Garden, Sabtu 11 Juni 2011.

Dahlan mengatakan 60 ribu penduduk kelurahan belian ini tiga kalilipat besranya jumlah penduduk yang berada di Kabupaten Anambas.

"Begitu pesatnya penduduk di Kelurahan Belian ini, hingga mengalahkan jumlah penduduk di Kabupaten Anambas yang hanya berjumlah 20 ribu penduduk," ujar Dahlan.

Beroperasinya Puskesmas Botania ini direncanakan akan memiliki program utama yakni menyarankan kepada penduduk untuk melakukan Keluarga Berencana (KB) untuk mencegah terjadinya ledakan penduduk di Batam akibat angka kelahiran yang meningkat.

Selain itu, Dahlan juga menyinggung pesatnya penduduk Batam bukan hanya dari jumlah kelahiran, akan tetapi jumlah penduduk Batam bertambah dikarenakan jumlah pendatang.

"Selain jumlah kelahiran yang meningkat, jumlah ini juga seimbang dengan jumlah pendatang yang terus berdatangan ke Batam," terang Dahlan.

Selain pembanguan di atas 400 meter persegi, diatas lahan ini juga nantinya akan d bangun Rumah Susun dengan empat blok. namun pembangunan yang rencananya akan dilakukan pada 2011 ini masih menunggu izin dari Menteri Pekerjaan Umum, Menteri Perumahan Rakyat, Jamsostek dan tahapan izin selanjutnya dari BP Kawasan dan Pemerintah Kota Batam.