Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Korban Tewas Akibat Ebola Capai 3.000 Jiwa
Oleh : Redaksi
Sabtu | 27-09-2014 | 15:03 WIB
ebola-workers.jpg Honda-Batam
Foto: cbsnews.com

BATAMTODAY.COM - BADAN Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan, kematian akibat penyebaran virus ebola di Afrika Barat telah mencapai 3.000 jiwa. Angka terbaru ini mencerminkan bahwa lebih dari 6.500 orang diperkirakan sudah terinfeksi virus di wilayah tersebut.

Liberia adalah negara yang terkena dampak terburuk, dengan korban tewas mencapai 1.830 orang.
Wabah ini menjadi wabah terbesar di dunia dan Presiden AS, Barack Obama, menyebutnya sebagai "ancaman terhadap keamanan global."

Sejumlah riset memperingatkan bahwa jumlah orang terinfeksi bisa meningkat lebih dari 20.000 pada awal November. Dalam laporan sebelumnya, WHO sempat menyoroti tingginya potensi kematian karena ebola, karena 70 persen dari korban yang terinfeksi di Afrika Barat meninggal dunia.

Laporan terbaru menyebut ada dua daerah baru, di Guinea dan Liberia, yang mencatat kasus Ebola pertama dalam tujuh hari terakhir. WHO juga menyoroti risiko infeksi bagi petugas kesehatan mencoba untuk membendung wabah.

Sebanyak 375 pekerja diketahui telah terinfeksi, dan 211 orang dinyatakan meninggal akibat virus tersebut. Sistem kesehatan yang lemah di negara-negara Afrika semakin kewalahan menghadapi korban-korban yang terinfeksi.

Di Liberia terutama, rumah sakit banyak kekurangan tempat tidur pasien. Amerika telah mengirim sekitar 3.000 tentara untuk membantu Liberia mengatasi penyakit, dan mendirikan fasilitas medis darurat. (*)

Sumber: BBC