Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Resmikan Pos Bhabinkamtibmas di Desa Berakit

Kapolres Bintan Minta Jajarannya Selalu Ada di Tengah Masyarakat
Oleh : Harjo
Rabu | 24-09-2014 | 08:11 WIB
kapolres_bintan_pos_berakit.jpg Honda-Batam
Kapolres Bintan AKBP Kristiaji membuka selubung papan nama sebagai tanda peresmian Pos Bhabinkamtibmas di Desa Berakit yang dibangun secara swadaya oleh masyarakat.

BATAMTODAY.COM, Tanjunguban - Pos Bhayangkara Pembina Keamanan, Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas) di Desa Berakit, Kecamatan Teluksebong Bintan, yang dibangun secara swadaya oleh masyarakat setempat, diresmikan langsung oleh Kaporles Bintan Ajun Komisaris Besar Polisi Kristiaji, Selasa (23/9/2014).

"Keamanan dan ketertiban lingkungan, bukan semata-semata menjadi tanggungjawab Polri tetapi menjadi tanggung jawab seluruh masyarakat. Sehingga antara Polri dan masyarakat harus terus melakukan kerjasama yang baik, untuk memastikan kondisi lingkungan yang tetap aman dan kondusif," harap Kristiaji.

Dijelaskan Kristiaji, adanya kemauan yang sangat tinggi dari masyarakat yang secara swadaya membangun pos Bhabinkamtibmas serta menganggap kehadiran Kapolres sesuatu yang istimewa akan dijadikan koreksi bagi seluruh anggota Polri di Bintan. Dengan sudah diresmikannya pos Bahbinkamtibmas tersebut, maka ke depan diharapkan bisa menjadikan sala hsatu tempat bagi masyarakat untuk memecahkan persoalan yang ada di lingkungan masyarakat bersama anggota Polri.

"Kehadiran anggota di pos Berakit semoga bisa mendekatkan diri Polri dengan masyarakat dan sebaliknya. Masyarakat tidak perlu sungkan-sungkan untuk singgah atau datang. Begitu juga anggota yang ada harus selalu melakukan evaluasi guna mengetahui apa saja yang diinginkan oleh masyarakat,' tegasnya. 

Ditambahkan Kristiaji, terkait adanya laporan dari masyarakat yang menyangkut hukum, anggota Polri yang bertugas juga harus selalu sigap dan bisa mengkaji permasalahan. Apakah bisa diselesaikan di tingkat Bhabinkamtibmas atau harus diteruskan ke polsek atau polres. 

Tokoh masyarakat Berakit, M Nazar, berharap dengan sudah diresmikannya pos Bahbinkamtibmas, anggota Polri yang bertugas agar selalu berada di tempat untuk mempermudah masyarakat apabila akan melakukan koordinasi dan permasalahan lainnya. 

"Kita berharap agar polisi yang bertugas di pos selalu berada di tempat, sehingga kerjasama yang sudah terjalin, bisa semakin ditingkatkan. Karena pada saat ini, masyarakat Berakit setidaknya sudah paham tugas dan fungsi dari Polisi. Polisi adalah mitra bagi masyarakat dan kehadirannya bukan lagi menjadi sesuatu yang menakutkan," katanya. 

Dalam peresmian Pos Bhabinkamtibmas Desa Berakit turut dihadiri oleh ketua Cabang Bhayangkari Bintan, Ami Kristiaji, ketua penggerak PKK Bintan Dewi Komalasari, Wakapolres Bintan Kompol Suka Irawanto, Kapolsek Bintan Utara, Kompol Joko Priyanto dan sejumlah Kabag, Kasat dan Kapolsek di lingkungan Polres Bintan. Selain itu turut hadir Camat Teluksebong, Bambang, Kepala Desa dan sejumlah tokoh agama dan tokoh masyarakat setempat.

Editor: Dodo