Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Suntik Botox Bisa Batasi Perkembangan Emosi
Oleh : Redaksi
Sabtu | 13-09-2014 | 10:55 WIB

BATAMTODAY.COM - BOTOX bukan hanya diakui bisa melemahkan sel kanker. Salah satu dampak negatifnya adalah perawatan botox untuk anak muda akan membatasi perkembangan emosional mereka, ungkap para ahli.

Peringatan para ahli yang ditulis dalam jurnal Aesthetic Nursing, menyebutkan tren menyamarkan kerutan menjadi tren dikelompok usia dibawah 25 tahun, seperti dilaporkan wartawan kesehatan BBC News, Smitha Mundasad.
 
Tetapi peneliti mengatakan, "pembekuan wajah" dapat menghentikan orang muda untuk belajar bagaimana mengekspresikan emosi secara penuh.

Sebuah badan operasi plastik terkemuka di Inggris mengatakan menginjeksi para remaja dengan alasan kosmetik merupakan tindakan yang "salah secara moral". Botox dan racun lain dapat melumpuhkan otot di bagian wajah untuk mengurangi kerutan ketika orang mengerutkan dahi.

Perawat Helen Collier,yang melakukan riset tersebut, mengatakan siaran TV yang menayangkan acara selebriti mendorong anak-anak muda untuk melakukan tindakan "pembekuan wajah".
Tindakan tersebut dapat membahayakan kemampuan mereka untuk mengungkapkan perasaannya.

"Sebagai mahluk hidup kemampuan kita untuk menunjukkan berbagai emosi sangat tergantung kepada ekspresi wajah. Emosi seperti empati dan simpati membantu kita untuk bertahan dan tumbuh sebagai manusia dewasa yang percaya diri dan komunikatif. Ketika Anda menghapus semua ekspresi, ini akan membatasi perkembangan emosi dan sosial mereka," kata Collier.

Peneliti meminta agar para praktisi bidang kecantikan untuk melakukan kajian dalam memutuskan apakah perawatan botox yang akan diberikan berdasarkan pertimbangan klinis. (*)

Sumber: BBC