Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Wujudkan Tertib Berlalu Lintas, Polres Karimun Gelar Razia Kendaraan Bermotor
Oleh : Khoiruddin Nasution
Jum'at | 12-09-2014 | 16:30 WIB
razia_lalin_karimun.jpg Honda-Batam
Sejumlah pengendara kendaraan bermotor diperiksa kelengkapannya di halaman Mapolres Karimun.

BATAMTODAY.COM, Karimun - Kepolisian Resor (Polres) Karimun menggelar razia bagi kendaraan roda dua dan empat di tiga titik. Diantaranya Mapolres Karimun, Polsek Balai dan Polsek Meral. Razia tersebut bertujuan untuk menertibkan kelengkapan pengendara serta kelengkapan kendaraan bermotor.

Kasat Lantas Polres Karimun, AKP I Ngurah Joni kepada BATAMTODAY.COM, Jum'at (12/9/2014) di Mapolres Karimun mengatakan, sebelum razia ini digelar, pihaknya telah melakukan sosialisasi di media cetak, elektronik serta spanduk yang dibentang di jalan protokol.

"Razia ini sifatnya bukan spontanitas. Sebelumnya kita telah melakukan imbauan," terangnya.

Kendati demikian, penindakan yang dilakukan terhadap kenderaan maupun pengendaranya masih bersifat konprehensif. "Ada beberapa kriteria yang diberikan, tergantung kesalahannya," katanya

Untuk kategori pelanggaran ringan, pengendara diberikan teguran tertulis berupa surat pernyataan. Namun, jika pelanggaran pengendara dan kenderaan tersebut masuk ke dalam kategori berat, maka akan diberikan surat tilang sesuai tingkat kesalahannya.

Pantauan BATAMTODAY.COM, di Mapolres Karimun, ratusan kendaraan bermotor roda dua yang melintas di tiga titik tersebut, diperiksa kelengkapannya.

Bahkan, format surat pernyataan yang diberikan, ditulis langsung oleh pengendara itu sendiri. Sementara, bagi pengendara dan kenderaan yang masuk ke dalam katagori pelanggaran berat, ditangani langsung oleh aparat Satlantas Polres Karimun.

Namun, di Polsek Balai, razia serupa juga dilakukan terhadap kenderaan roda empat. Razia tersebut bertujuan untuk penertiban plat kendaraan yang telah afkir.

Hingga berita ini diunggah, razia tersebut masih berlangsung, sehingga belum diketahui total keseluruhan pengendara yang terjaring hari ini.

Editor: Dodo