Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

151 Pejabat Eselon Pemkab Karimun Akhirnya Dilantik
Oleh : Khoiruddin Nasution
Kamis | 11-09-2014 | 12:43 WIB
pelantikan_eselon_karimun.....jpg Honda-Batam
Bupati Karimun Nurdin Basirun melantik 151 pejabat eselon.

BATAMTODAY.COM, Karimun - Usai direshuffle, Senin (8/9/2014) lalu, kini ke-151 pejabat eselon III dan IV dilingkungan Pemkab Karimun akhirnya dilantik, Kamis (11/9/2014) di Gedung Serba Guna Kantor Bupati Karimun.

Dalam amanatnya, Bupati Karimun Nurdin Basirun mengatakan, acara yang digelar pada Senin lalu itu, merupakan nuansa baru yang sengaja direkayasa, dengan tujuan agar seluruh pejabat dilingkungan Pemkab Karimun selalu dalam posisi siap siaga serta profesional dalam menjalankan tugasnya.

"Mohon maaf jika sudah mengejutkan masa itu. Namun hal itu sebagai salah satu bentuk reformasi birokrasi," ujarnya.

Memang katanya lagi, semua posisi tidak selamanya sesuai dengan keinginan masing- masing. Namun harus disadari bahwa pejabat profesioanal hasur siap menjalankan tugas dimanapun dirinya berada.

"Saat penyematan tadi, ada sebuah filosofi saat kantong baju dikeluarkan. Itu artinya, harus siap keluar, baik secara moril maupun materi serta selalu siap dalam kondisi apapun, demi masyarakat," ulasnya.

Sekarang ini, pemimpin yang dibutuhkan masyarakat adalah pemimpin yang berani mengambil tindakan serta berani tampil di depan. Sehingga paradigma serta mainset baru di masyarakat, dengan sendirinya akan berubah. Hal itu seiring dengan kebijakan pemimpinnya di lapangan.

"Tadi, Pak Kadis Sosial meminta saya meresmikan 900 rumah layak huni kepada masyarakat. Namun, bantuan itu tidak akan bermanfaat jika paradigma dan mainset yang mereka terima, masih seterusnya demikian (mengharapkan bantuan dari pemerintah-red)," terangnya.

Untuk itu, peran Camat sangat signifikan, sebab bersentuhan langsung dengan masyarakat. Sehingga, berfikir cerdas dan mandiri akan lebih meningkatkan taraf kehidupan mereka, dibanding menunggu bantuan yang tidak pasti.

"Selalu beradaptasi dengan pemuda dan masyarakat serta selalu ikhlas mengabdi. Saya yakin negara ini akan menjadi negara yang besar jika para pemimpinnya bersatu-padu, demi satu tujuan. Siapapun itu, jika tidak berupaya merubah mainset, maka tidak akan merubah masyarakat itu sendiri," terangnya.

Di akhir pidatonya, Bupati Nurdin berharap agar jabatan yang diemban tidak menjadi fitnah serta tidak menjadikan pejabat tersebut angkuh dan sombong. Sebab, apapun jabatan yang dimiliki, akan dimintai pertanggungjawabannya.

Editor: Dodo